Tangerang, Banten (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dan Ibu Wury Ma'ruf Amin tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu, usai melakukan kunjungan kerja ke Yunani, Slovakia, dan Malaysia.

Wapres Ma'ruf Amin tiba di Indonesia pukul 15.30 WIB setelah menempuh penerbangan 1 jam 20 menit dari Kuching, Sarawak, Malaysia.

Begitu turun dari pesawat, Wapres dan Ibu Wury Ma'ruf Amin disambut sejumlah pejabat yang telah menunggu.

Ma'ruf dan Ibu Wury Ma'ruf Amin kemudian menyalami satu per satu para pejabat tersebut. Setelah itu, Ma'ruf bersama Wury masuk ke mobil dan meninggalkan Gedung VVIP Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Di Malaysia, Ma'ruf menghadiri Global Muslim Business Forum dan melakukan pertemuan bilateral Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim. Isu yang dibahas kedua pemimpin adalah mengenai perlindungan pekerja migran Indonesia dan penyelesaian masalah tapal batas kedua negara.

Baca juga: Ma'ruf Amin bertemu premier Sarawak bahas perlindungan PMI dan karbon

Ma'ruf juga melakukan pertemuan dengan Premier Sarawak dan menghadiri dialog kebangsaan dengan WNI di Sarawak.

Sebelum ke Malaysia, Ma'ruf melakukan kunjungan kerja ke Slovakia dan bertemu dengan Deputi Perdana Menteri Slovakia Denisa Sakova, serta bertemu dengan Presiden Slovakia Zuzana Caputova.

Selama di Slovakia, Ma'ruf bertemu dengan Yayasan Islam Slovakia dan pengusaha halal. Ma'ruf bertukar pandangan mengenai penguatan Islam moderat atau Islam wasathiyah.

Wapres Ma'ruf menghadiri dialog kebangsaan dengan masyarakat Indonesia di Slovakia. Kepada WNI di Slovakia, Ma'ruf menyampaikan pesan untuk menyukseskan Pemilu 2024.

"Saya meminta dukungan dan partisipasi semua pihak untuk menyukseskan agenda demokrasi lima tahunan ini agar berjalan dengan damai, jujur, tertib dan adil," kata Ma'ruf.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin bertemu PM Anwar Ibrahim di Kuching Malaysia

Sebelum ke Slovakia, Wapres Ma'ruf melakukan kunjungan kerja ke Yunani. Ma'ruf mengawali kunjungan kerjanya dengan bertemu Wakil Ketua I Parlemen Yunani, Ioannis Plakiotakis.

Setelah itu, Ma'ruf bertemu Uskup Agung Athena dan seluruh Yunani, Ieronymos II. Dalam pertemuan itu, Ma'ruf menjelaskan mengenai kondisi toleransi beragama di Indonesia dan posisi Indonesia untuk mendukung kemerdekaan Palestina.

Wapres Ma'ruf Amin juga bertemu dengan Menteri Luar Negeri Yunani George Gerapetritis. Selanjutnya, Ma'ruf bertemu dengan Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis, di mana kedua pemimpin membahas mengenai upaya-upaya menghentikan perang di Gaza, Palestina.

"Soal Gaza, saya menyampaikan pentingnya kita semua, Yunani, untuk menghentikan perang di sana," kata Ma'ruf Amin.

Saat hari terakhir di Yunani, Wapres Ma'ruf menunaikan salat Jumat di masjid pertama yang didirikan di Athena.

Baca juga: Wapres Ma'ruf bertemu Presiden Slovakia bahas soal belum adanya masjid
Baca juga: Wapres ceritakan toleransi di RI kepada komunitas agama di Slovakia
Baca juga: Wapres Ma'ruf bertemu dengan PM Yunani Kyriakos Mitsotakis

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023