SDM unggul akan mampu bersaing di pasar kerja, baik untuk mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak maupun untuk membuka peluang perluasan kesempatan kerja yang mampu meningkatkan pendapatan per kapita
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyampaikan pergelaran Kemnaker Corpu Learning Festival (KCLF) 2023 menjadi langkah untuk merumuskan visi SDM ketenagakerjaan yang unggul dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemnaker Anwar Sanusi dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, mengatakan SDM unggul tidak hanya berpengaruh pada pembangunan ketenagakerjaan saja, tetapi juga akan besar pada keunggulan Bangsa Indonesia.

"SDM unggul akan mampu bersaing di pasar kerja, baik untuk mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak maupun untuk membuka peluang perluasan kesempatan kerja yang mampu meningkatkan pendapatan per kapita," ujar Anwar Sanusi saat memberikan sambutan dalam KCLF 2023 bertema "Kemnaker Corpu: Mencetak SDM Ketenagakerjaan Unggul Menuju Indonesia Emas 2045".

Sedangkan Indonesia Emas 2045, kata Anwar Sanusi, merupakan harapan dan impian besar Bangsa Indonesia untuk menjadi negara maju, dimana pada 2045 Indonesia telah memenuhi rencana-rencana strategis yang sudah ditetapkan.

Baca juga: Kemnaker: SDM unggul kunci capai Indonesia emas

Ia mengatakan seiring berjalannya waktu tentunya impian tersebut tidak dapat hanya dilakukan oleh Kemnaker, melainkan harus ada kolaborasi yang menyeluruh dari semua instansi baik kementerian maupun lembaga.

"Jangan lagi berpikir egosentris, ego-sektoral, karena kita adalah satu. Satu visi, satu tujuan, satu negara yaitu Indonesia," tuturnya.

Anwar Sanusi menilai adanya Kemnaker Corpu Learning Festival dapat menjadi fondasi awal terwujudnya stabilitas dalam penataan birokrasi pemerintah menuju smart and good governance yang kolaboratif dan berkelanjutan.

"Semoga kita dapat bersama-sama mewujudkan SDM yang unggul di bidang ketenagakerjaan sesuai visi Indonesia Emas 2045," kata Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi.

Baca juga: Kemnaker: Perlu SDM unggul hadapi teknologi "artificial intelligence"
Baca juga: Kemnaker: Pelatihan ciptakan SDM unggul jangka pendek dan menengah

 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023