Wisatawan akan mencari pengalaman-pengalaman baru
Jakarta (ANTARA) - Direktur Kajian Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Agustini Rahayu menuturkan pada 2024 mendatang wisatawan diprediksi meninggalkan konsep-konsep wisata yang konvensional.

“Wisatawan akan mencari pengalaman-pengalaman baru. Wisatawan akan meninggalkan konsep-konsep yang konvensional dan mencari pengalaman baru,” ujarnya di Jakarta, Rabu.

Sementara itu , Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) yang juga sebagai Ketua GIPI, Hariyadi Sukamdani mengatakan keinginan masyarakat dalam negeri untuk berwisata masih terkendala dengan persoalan harga tiket pesawat yang cenderung mahal.

Karena itu dirinya meminta agar pemerintah bersama pelaku usaha penerbangan domestik untuk menurunkan harga tiket pesawat dalam negeri sehingga lebih terjangkau oleh masyarakat luas.

“Kami menyambut positif upaya pemerintah untuk mendorong wisnus melakukan perjalanan darat. Misalnya, dari Palembang-Jawa-Bali yang saat ini sudah terhubung jalan tol,” ujarnya.

Dirinya juga menilai program yang dimiliki Kemenparekraf yakni Kharisma Event nusantara (KEN), salah satunya kegiatan Kasodo di Gunung Bromo, dapat dipromosikan lebih masif sehingga dapat mendatangkan wisatawan ke destinasi wisata Malang Raya dan sekitarnya, termasuk dapat mengangkat tingkat keterisian hotel di kawasan itu.



Baca juga: Indef: Tren pariwisata 2024 fokus pada hiperlokal dan "slow travel"
Baca juga: Menparekraf sebut tren pariwisata hijau mampu menarik investasi
Baca juga: ITDC anggarkan Rp40 miliar peremajaan kawasan the Nusa Dua Bali 2024


Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023