kan banyak proyek pengembangan nih, jadi membutuhkan dana kan. Nah, IPO salah satu opsi, tapi sebenarnya secara internal masih sanggup
Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim), yang merupakan anak usaha dari PT Pupuk Indonesia (Persero), menunggu arahan dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menjual sahamnya kepada publik atau Initial Public Offering (IPO).

Vice President Corporate Communication Anggono Wijaya mengatakan Pupuk Kaltim telah menyiapkan syarat-syarat administratif dan kebutuhan operasional lainnya sebelum melakukan IPO.

"Kami masih menunggu (arahan BUMN). Kemarin kita siapkan secara administratif, banyak kebutuhan-kebutuhan operasional yang harus disesuaikan kalau mau IPO," ujar Anggono saat media gathering Pupuk Indonesia di Jakarta, Rabu.

Anggono menyampaikan Kementerian BUMN memperbolehkan perusahaan melakukan IPO untuk mendapatkan pendanaan.

Namun demikian, Anggono menegaskan bahwa Pupuk Kaltim pada dasarnya memiliki laporan keuangan yang kuat. Menurutnya, IPO hanyalah sebuah opsi untuk mendapat pendanaan lain.

Baca juga: Nilai investasi pabrik Pupuk Kaltim di Papua mencapai Rp15,3 triliun

Baca juga: Pupuk Kaltim: Pabrik amonium nitrat diresmikan akhir Desember 2023


"Karena kita kan banyak proyek pengembangan nih, jadi membutuhkan dana kan. Nah, IPO salah satu opsi, tapi sebenarnya secara internal masih sanggup," kata Anggono.

Diketahui, Pupuk Kaltim akan memulai proses pembangunan pabrik soda ash dengan kapasitas 300.000 metrik ton per tahun (MTPY) di Bontang, Kalimantan Timur.

Perusahaan ini juga telah membangun pabrik amonium nitrat berkapasitas 75.000 MTPY di Kawasan Industri PT Kaltim Industrial Estate (KIE).

Selain itu, Pupuk Kaltim baru saja melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan pabrik di Kawasan Industri Terpadu di Fakfak, Papua Barat.

Kawasan Proyek Strategis Nasional (PSN) ini ditargetkan tidak hanya memenuhi stok pupuk dalam negeri dan ekspor, tetapi juga membangun pertanian modern di wilayah Indonesia timur yakni Papua.

Baca juga: Pupuk Kaltim sebut pabrik baru di Fakfak cara jaga ketahanan pangan

Baca juga: Kepala BPKM sebut investasi Pupuk Kaltim di Fakfak Rp30 triliun

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023