Hohhot (ANTARA) - Pelabuhan Erenhot di perbatasan China-Mongolia baru-baru ini mencatatkan rekor tertinggi jumlah kendaraan kargo inbound dan outbound, menurut otoritas setempat.

Hingga Selasa (28/11), pelabuhan yang terletak di Daerah Otonom Mongolia Dalam, China utara, itu telah menangani 150.000 kendaraan kargo tahun ini, naik 50 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Lebih dari 70 persen kebutuhan sehari-hari Mongolia diimpor melalui Erenhot, yang merupakan pelabuhan darat terbesar di perbatasan China-Mongolia, papar pos pemeriksaan perbatasan masuk-keluar setempat.

Pelabuhan darat itu telah menyediakan jalur hijau untuk produk pertanian dan produk sampingan serta kendaraan komersial, yang sangat meningkatkan efisiensi operasionalnya.

Saat ini, ada lebih dari 400 kendaraan yang masuk dan keluar China melalui pelabuhan itu setiap harinya. Bijih besi dan batu bara menjadi barang impor utama, sementara ekspor didominasi barang kebutuhan sehari-hari, peralatan rumah tangga, dan suku cadang mobil, kata pos pemeriksaan setempat. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023