Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah kawasan perkotaan di Indonesia berpotensi diguyur hujan berintensitas ringan hingga lebat, Kamis, yang dipengaruhi bibit siklon tropis 95B di Samudera Hindia Barat, Aceh.

"Saat ini terpantau adanya bibit siklon tropis 95B di Samudera Hindia barat, Aceh dengan kecepatan maksimum 20 knots dan tekanan udara minimum 996, 4 IhPh. Sistem ini berdampak terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat untuk wilayah Aceh dan Sumatera Utara," kata Prakirawan BMKG Nurul Fitria dalam keterangan yang diikuti dalam jaringan (daring) di Jakarta.

Baca juga: BMKG: Bibit siklon tropis 91W bawa peluang hujan di kota besar

Laman BMKG di Jakarta menginformasikan prediksi cuaca di Pulau Sumatera diperkirakan berpotensi hujan petir di Kota Banda Aceh dan Pekanbaru. Sementara di Kota Medan berpotensi hujan sedang, Tanjung Pinang berpotensi hujan ringan, dan Kota Padang umumnya berawan.

"Waspadai potensi hujan petir di Kota Jambi dan potensi hujan lebat di Kota Pangkalpinang. Palembang dan Bandar Lampung umumnya hujan ringan, Kota Bengkulu umumnya berawan," katanya.

Prakiraan cuaca di Pulau Jawa terdapat potensi hujan dengan intensitas sedang di Kota Serang, Semarang, dan Surabaya. Sementara Jakarta umumnya berawan.

BMKG mengimbau masyarakat di Kota Bandung untuk mewaspadai potensi hujan petir.

Prakiraan cuaca di Pulau Nusa Tenggara berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan. Waspadai hujan petir di Kota Mataram.

Prakiraan cuaca di Pulau Kalimantan, waspadai hujan petir di Kota Pontianak, Banjarmasin, dan Tanjung Selor. Sementara Palangkaraya umumnya terjadi hujan dengan intensitas sedang, Samarinda berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan.

Baca juga: BMKG: Waspada bibit siklon 98S jadi siklon tropis kategori tinggi

Baca juga: Hujan lebat disertai angin kencang berpotensi landa sejumlah provinsi


Waspada hujan lebat di Pulau Sulawesi, tepatnya di Kota Mamuju dan hujan petir di Kota Kendari. Hujan ringan berpotensi terjadi di Kota Makassar, Palu, dan Gorontalo.

Terakhir prakiraan cuaca di Indonesia bagian timur. Hujan berpeluang mengguyur Kota Ambon dan Kota Ternate. Sedangkan Manokwari dan Jayapura berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan.

Untuk suhu di wilayah Indonesia diperkirakan berkisar antara 20 hingga 34 derajat Celcius dan kelembaban berkisar antara 50 hingga 100 persen.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023