Jakarta (ANTARA) - Federasi Internasional Bola Basket (FIBA) mengumumkan empat turnamen kualifikasi untuk memperebutkan empat kuota terakhir menuju Olimpiade 2024 Paris.

Dikutip dari laman resmi Olimpiade, Kamis, tuan rumah untuk empat turnamen mendatang adalah Piraeus, Yunani; Riga, Latvia; San Juan, Puerto Rico; dan Valencia, Spanyol. Turnamen ini dijadwalkan berlangsung pada 2-7 Juli 2024.

“Turnamen ini adalah sesuatu yang berbeda. Ini adalah turnamen enam tim, dimana setiap pertandingan menjadi penting,” kata Sekretaris Jenderal FIBA ​​Andreas Zagklis.

Ada delapan tim yang sudah mendapatkan tempat untuk 12 tim putra Olimpiade. Prancis lolos sebagai negara tuan rumah, dan tujuh tim lainnya adalah Amerika Serikat, Jerman, Kanada, Jepang, Sudan Selatan, Serbia dan Australia. Mereka lolos berdasarkan hasil akhir mereka di Piala Dunia FIBA.

Format babak kualifikasi mendatang pun sederhana, dimana akan ada enam tim di setiap turnamen. Pemenang di masing-masing turnamen mendatang lah yang berhak atas satu kuota menuju Paris.

Baca juga: Jerman tundukkan Serbia 83-77 untuk menjuarai Piala Dunia FIBA 2023

Dalam turnamen kualifikasi, masing-masing tim memainkan dua pertandingan melawan negara di grupnya sendiri, dan dua tim teratas di setiap grup melaju ke semifinal.

Tim peringkat pertama Grup A akan melawan tim peringkat kedua Grup B, dan sebaliknya, di setiap lokasi. Pemenang semifinal tersebut akan bertemu untuk menentukan tempat Olimpiade.

Berikut adalah drawing untuk empat turnamen kualifikasi terakhir menuju Olimpiade 2024 Paris.

Piraeus, Yunani

Grup A: Slovenia, Selandia Baru, Kroasia
Grup B: Mesir, Yunani, Republik Dominika

Valencia, Spanyol

Grup A: Lebanon, Angola, Spanyol
Grup B: Finlandia, Polandia, Bahama

Riga, Latvia

Grup A: Georgia, Filipina, Latvia
Grup B: Brasil, Kamerun, Montenegro

San Juan, Puerto Riko

Grup A: Meksiko, Pantai Gading, Lithuania
Grup B: Italia, Puerto Riko, Bahrain

Baca juga: Selain tembus perempat final, Kanada juga lolos Olimpiade Paris 2024
Baca juga: Merek Milik Yili, Joyday, Jadi Sponsor Global Resmi FIBA Basketball World Cup 2023
 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023