Jakarta (ANTARA) - Calon presiden RI nomor urut 3 pada Pemilu 2024 Ganjar Pranowo menyerap aspirasi anggota Persekutuan Gereja-gereja Pantekosta Indonesia dalam acara musyawarah besar (Mubes) PGPI IX di Gereja Bethel Indonesia Mawar Sharon, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis.

Pada hari ketiga kampanye, Ganjar tiba di GBI Mawar Sharon pukul 08.40 WIB dengan kendaraan roda empat Innova hybrid bernomor polisi B 1573 DOE.

"Saya hadir di kegiatan musyawarah PGPI untuk bagaimana mendapatkan dan dapat berkontribusi untuk kelompok-kelompok agama, kelompok-kelompok masyarakat. Tentu banyak catatan dari PGPI," kata Ganjar kepada awak media di lokasi.

Pada masa kampanye hari pertama, Ganjar juga menemui tokoh-tokoh agama hingga Uskup Agung Merauke Monsinyur(Mgr) Petrus Canisius Mandagi, MSC di Papua Selatan, Selasa (28/11).

Menurut Ganjar, kali ini dirinya berbicara di depan forum aras gereja nasional yang telah memilih ketua umum periode 2023-2028 di GBI Mawar Saron, Kelapa Gading itu juga untuk menyerap aspirasi.

Ganjar yang memakai kemeja hitam dengan celana warna bernuansa coklat dengan perpaduan warna putih tampak tidak didampingi oleh calon wakil presiden RI Muhammad Mahfud MD.

Nuansa politik tampak di halaman gereja yang dia datangi, karena satu karangan bunga ucapan selamat dan sukses datang dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) atas nama Grace Natalie, Pandapotan S, dan Suci Mayang Sari.

Namun tidak ada nomor urut yang disertakan dalam ucapan selamat di karangan bunga itu.

Informasi dalam karangan bunga lain mengucapkan selamat atas terpilihnya Ketua Umum PGPI 2023-2028 yaitu Pendeta Jason Balompapueng, melanjutkan periode sebelumnya.

Pdt Jason kepada wartawan di lokasi, mengatakan sebetulnya pihaknya tidak hanya mengundang Ganjar pada pertemuan Kamis ini.

"Tidak hanya mengundang Bapak Ganjar, jadi bukan untuk kampanye tapi lebih kepada cara supaya kami mengenal calon-calon pemimpin kita nanti," kata Jason.

Jason juga berjanji untuk memberikan porsi waktu yang sama kepada semua calon presiden untuk berbicara di forum Mubes PGPI IX yang berlangsung 28 November sampai 30 November itu.

Baca juga: Pengurus gereja sebut program BOTI tepis anggapan soal Anies intoleran

Sementara itu, calon presiden RI nomor urut 1 untuk Pemilu 2024 Anies Baswedan juga dijadwalkan memberikan seminar kebangsaan pada Mubes PGPI IX di GBI Mawar Sharon, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis.

Berdasarkan agenda informasi dari Kedeputian Media dan Komunikasi Tim Nasional Pemenangan (Timnas) Anies-Muhaimin (AMIN) pada Rabu malam (29/11), Anies dijadwalkan pada pukul 13.00 sampai 14.00 WIB.

KPU RI pada Senin, (13/11), telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.
Baca juga: Jadwal kampanye hari ketiga Ganjar Pranowo
Baca juga: Round up - Hari kedua kampanye pasangan capres-cawapres
Baca juga: Hari ketiga, cawapres Mahfud Md kampanye di Jakarta dan Tangerang

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023