... Golkar harus memberikan perhatian kepada kadernya yang tengah berhadapan dengan hukum."
Jakarta (ANTARA News) - Muladi, mantan Menteri Kehakiman dan politisi Partai Golongan Karya (Golkar), datang menjenguk Rusli Zainal, Gubernur Riau yang menjadi tersangka korupsi, di Rumah Tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kuningan, Jakarta Selatan.

"Saya kangen sama Gubernur Riau satu ini," kata Muladi kepada ANTARA News sebelumnya membesuk Gubernur Riau, Kamis.

Rusli Zainal adalah tersangka untuk kasus menerima dan memberi uang suap kepada para legislator Riau guna melancarkan misi untuk merevisi peraturan daerah tentang pengikatan tahun jamak proyek-proyek Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012.

Kemudian, KPK juga menetapkan status tersangka untuk Rusli terkait perkara korupsi kehutanan oleh KPK sejak 8 Februari 2013.

Muladi, yang mantan Menteri Sekretaris Negara Kabinet itu, mengatakan bahwa Rusli Zainal merupakan sahabat lama yang patut dibesuk guna memberikan dukungan moril.

"Kalau bukan teman-teman dia siapa lagi? Kami memberikan semangat kepada dia agar dapat tabah menghadapi cobaan," kata mantan Rektor Universitas Diponegoro (Undip) itu.

Muladi, yang mengenakan kemeja batik warna biru muda, mengemukakan bahwa kunjungannya adalah silaturahmi secara pribadi maupun secara kelompok partai politik.

"Karena, mau gimana pun, Golkar harus memberikan perhatian kepada kadernya yang tengah berhadapan dengan hukum," katanya.

Rusli Zainal, dinilainya, saat ini tengah menghadapi masalah hukum yang cukup berat, karena tidak hanya dengan satu perkara, tapi tiga perkara korupsi.

Untuk itu, dikatakannya, Golkar sudah sepantasnya memberikan tim kuasa hukum untuk mendampingi kadernya yang tengah dalam kesulitan hukum.

Usai menjenguk Rusi Zainal di rumah tahanan, Muladi mengaku sedikit senang karena temannya itu dalam kondisi sehat.

"Saya ada berbincang sekitar 15 menit, saya lihat kondisinya sehat dan bugar," katanya.

Muladi mengatakan, dalam pertemuan itu semuanya masih dalam upaya penyediaan tim kuasa hukum yang akan mendampingi Rusli nantinya.

"Tidak ada hal lain, selain itu saya juga bersilaturahmi. Hari ini kan bulan puasa, bertemu dan saling bermaafan adalah pahala," demikian Muladi.

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013