Beijing (ANTARA) - China menjanjikan inisiatif untuk membangun jaringan pusat layanan rehabilitasi bagi penyandang disabilitas di seluruh negeri, yang bertujuan untuk meningkatkan dukungan bagi kelompok tersebut.

Menurut rencana yang dirilis oleh Federasi Penyandang Disabilitas China pada 2024 mendatang, setiap daerah setingkat provinsi wajib mendirikan setidaknya satu pusat layanan untuk setiap kategori penyandang disabilitas.

Inisiatif ini akan diperluas lebih lanjut pada 2025, dengan lebih banyak pusat layanan rehabilitasi didirikan di seluruh China.

Pusat layanan ini nantinya akan fokus dalam memberikan berbagai jenis bantuan, termasuk pelatihan terkait pengetahuan dan keterampilan rehabilitasi, serta pemberian konseling psikologis bagi individu dengan disabilitas penglihatan, pendengaran, fisik, intelektual, dan mental, menurut rencana tersebut.

Dalam rencana itu juga disebutkan bahwa pusat-pusat rehabilitasi tersebut harus secara rutin merekrut individu yang bersedia menerima layanan.

Selain itu, mereka yang mendaftar ke pusat itu akan menerima layanan tindak lanjut, seperti bimbingan dan bantuan terkait rehabilitasi dan perawatan di rumah.

Inisiatif ini diharapkan dapat menumbuhkan kepercayaan diri dan kemandirian di kalangan para penyandang disabilitas. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023