Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan UMKM yang berpartisipasi dalam Wonderful Indonesia Co-Branding Award 2023 dan mengusung slogan Wonderful Indonesia dapat meningkatkan penjualan sehingga turut membuka peluang perluasan lapangan kerja.

“Kita ingin para pelaku UMKM ini mampu menyusul jenama-jenama yang lebih terkenal untuk menghasilkan peluang peningkatan penjualan produk sehingga bisa membuka lapangan kerja yang lebih luas,” kata Sandiaga di Jakarta, Kamis, terkait penyelenggaraan Wonderful Indonesia Co-Branding Award 2023.

Sandiaga mengatakan Wonderful Indonesia Co-Branding Award (WICA) 2023 telah menjadi momentum untuk meningkatkan penjualan produk dan jenama dalam negeri.

"Masing-masing brand (jenama) merasakan manfaat peningkatan penjualan dan eksposur serta citra bersama Wonderful Indonesia," kata Sandiaga.

Jenama yang berpartisipasi di acara itu sebelumnya telah sepakat menjalin kolaborasi dengan Kemenparekraf untuk mengusung jargon Wonderful Indonesia.

Sandiaga mengajak para pelaku UMKM untuk lebih banyak bermitra dengan Kemenparekraf untuk mengusung co-branding Wonderful Indonesia.

Program yang telah berlangsung rutin sejak 2018, 2019, 2021, dan 2022 itu juga menjadi pemicu untuk melahirkan dan mempertahankan semangat para mitra untuk mengembangkan kegiatan pemasaran pariwisata dan ekonomi kreatif dalam citra Wonderful Indonesia.

“Bagi kami ini adalah inovasi, adaptasi, dan kolaborasi serta memperkuat identitas merek dari 'Wonderful Indonesia' yang harus terus kita jaga dan kawal bersama-sama," kata Sandiaga.

Sandiaga berharap kolaborasi co-branding ini bisa memberikan dampak bagi shared brand equity atau kerja sama nilai merek dari Wonderful Indonesia dan menegaskan pentingnya penggunaan logo Wonderful Indonesia secara benar.

“Harapan saya, sebagai salah satu brand guardian dari Wonderful Indonesia, adalah setiap entitas yang mendapatkan hak untuk membawa, mengusung, dan menggunakan identitas Wonderful Indonesia saya minta agar dapat menjaganya dengan baik. Agar brand equity Wonderful Indonesia tidak 'diluted' (memudar), tentunya kualitas mitra juga akan kami jaga agar sesuai dengan objektif dari merek kami," katanya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu, mengatakan ada empat kategori yang diperebutkan tahun ini oleh jenama-jenama yang berpartisipasi dalam Wonderful Indonesia Co-Branding Award 2023. Selain itu, Made juga menekankan pentingnya konsistensi dalam menggunakan logo Wonderful Indonesia.

Empat kategori itu adalah Most Collaborative Award, Most Engaging Brand, Most Innovative Brand, dan Rising Star Brand.

“Kami harap, setiap mitra Wonderful Indonesia dapat secara konsisten memanfaatkan identitas kita bersama yang tercinta ini dapat berbagai kesempatan dan platform," kata Made.

 

Baca juga: Menparekraf apresiasi hadirnya 6 produk lokal di Lazada Fest 12.12

Baca juga: Menparekraf: Kunjungan wisman ke Indonesia capai 11 juta


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023