Dengan kehadiran Lahan Sikam dalam ekosistem bisnis Venteny, makin memperlebar sayap perusahaan untuk dapat membantu lebih banyak UMKM di Indonesia dan mendukung percepatan perekonomian Indonesia
Jakarta (ANTARA) - PT Venteny Fortuna International Tbk mengakuisisi perusahaan P2P Lending Lahan Sikam atas kepemilikan 51 persen saham.

Direktur Utama Venteny Jun Waide menyampaikan bahwa aksi korporasi tersebut membuat Venteny sebagai superlender dan Lahan Sikam sebagai penyalur dana pinjaman, dapat menggabungkan layanan untuk memberikan solusi yang terintegrasi bagi mitra UMKM dan perusahaan yang bekerjasama dengan Venteny.

"Dengan kehadiran Lahan Sikam dalam ekosistem bisnis Venteny, makin memperlebar sayap perusahaan untuk dapat membantu lebih banyak UMKM di Indonesia dan mendukung percepatan perekonomian Indonesia," kata Jun Waide dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Lahan Sikam merupakan perusahaan peer to peer lending (P2P) yang bermarkas di Lampung. Perusahaan itu berfokus untuk menyalurkan pembiayaan produktif untuk pelaku usaha terutama yang bergerak di bidang perkebunan, pertanian, perikanan dan peternakan khususnya di daerah Lampung.

Venteny menyediakan akses pendanaan produktif atau growth funding untuk operasional dan pengembangan bisnis pelaku UMKM di Indonesia. Venteny sebagai superlender, selama ini bekerja sama dengan beberapa P2P Lending yang ada di Indonesia untuk dapat menyalurkan dana ke mitra-mitra UMKM.

Mengakuisisi perusahaan P2P Lending ini menjadi Langkah strategis untuk mengakselerasi penyaluran growth funding. Langkah Venteny untuk mengakuisi Lahan Sikam merupakan manuver perusahaan untuk mencapai segmen dan demografi mitra potensial yang baru.

"Ini memungkinkan perusahaan menawarkan rangkaian produk dan layanan keuangan yang komprehensif , mendorong kemitraan strategis dan kerja sama dalam industri. Selain itu juga memperkuat eksistensi Venteny di wilayah Sumatera," ujar Jun Waide.

Adapun Venteny telah berhasil menyalurkan dana sebesar Rp1 triliun pada ytd September 2023, menunjukkan komitmen kuat Venteny terhadap pertumbuhan dan kontribusi positif terhadap UMKM di Indonesia.

Hal tersebut sejalan untuk mendukung program pemerintah mencapai Indonesia Emas 2045. Laporan keuangan yang dirilis hingga September 2023 menandai pencapaian itu, mencerminkan upaya Venteny dalam memastikan dampak positif pada UMKM dan keberlanjutannya.

Terus mendorong batas-batas, Venteny berkomitmen untuk menjadi kekuatan perubahan yang signifikan melalui akses pengelolaan dana yang bijak dan strategis untuk memajukan UMKM di Indonesia.

Baca juga: Venteny ubah rencana penggunaan dana hasil IPO dalam RUPSLB

Baca juga: Venteny telah berikan pendanaan kepada lebih dari 9.600 UMKM

Baca juga: Venteny bukukan laba Rp9,3 miliar pada semester I-2023

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023