Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Dealls Jobs akan melangsungkan ajang Squad Game Indonesia 2023 di Gelora Bung Karno Indoor, Jakarta, pada 9 Desember 2023 yang menghadirkan beragam jenis permainan tradisional Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan ajang Squad Games 2023 terinspirasi dari film serial Netflix populer yaitu "Squid Game".

“Tentunya ini akan menjadi salah satu acara permainan tradisional terbesar di Indonesia sekaligus salah satu event offline terbesar di tahun 2023,” kata Sandiaga di Jakarta pada Kamis.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu mengapresiasi ide yang kreatif dan unik. Karena menurutnya jarang sekali atau bahkan belum pernah ada permainan tradisional yang dimainkan secara masif dan dipertunjukkan ke publik.

“Kami memang mendorong supaya permainan tradisional itu harus diangkat ke permukaan. Permainan yang betul-betul dilahirkan oleh local wisdom. Jadi tentu saja Kemenparekraf sangat mendukung event ini,” ujar Vinsen.

Vinsensius berpesan untuk selalu memperhatikan aspek Cleanliness, Health, Safety, and Enviroment Sustainability (CHSE) dalam penyelenggaraan kegiatan Squad Game Indonesia 2023. Karena kegiatan ini diprediksi akan dipadati sekitar 3 ribu orang dari seluruh Indonesia.

Ketua Penyelenggara Squad Game Indonesia Andhika Sudarman, menceritakan awal mula tercetusnya Squad Game. Andhika mengaku ide kegiatan tersebut muncul ketika dia ingin membuat strategi promosi yang mengangkat sisi ekonomi kreatif Indonesia.

“Karena tujuan buat event ini adalah keberagaman. Jadi kita juga akan pilih dari berbagai provinsi. Harapannya semua provinsi ada perwakilannya,” kata Andhika.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti Squad Game Indonesia 2023 dapat mendaftarkan diri melalui laman website dealls.com/squadgame. Adapun batas usia yang dapat mengikuti kegiatan ini adalah usia 16 hingga 40 tahun.

Squad Game Indonesia juga nantinya menghadirkan 48 figur publik atau influencer sebagai ketua tim yang akan bermain bersama.

"Pada saat hari H event baru akan kita pilih 256 pemain. Ketika ronde pertama para peserta akan bermain secara individu persis seperti di film. Kemudian pada ronde kedua akan terbentuk tim hingga ronde kelima (finale)," ungkap Andhika.

Baca juga: Kemenparekraf kembangkan "diplomasi aroma" untuk dukung pariwisata
Baca juga: Menparekraf apresiasi hadirnya 6 produk lokal di Lazada Fest 12.12
Baca juga: Kemenparekraf sertifikasi SDM kepariwisataan 52.000 orang

 

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023