Jakarta (ANTARA/JACX)- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkomnfo) Budi Arie menyebut kemajuan teknologi tidak boleh menghilangkan rasa kemanusiaan.

“Kemajuan teknologi itu netral, tergantung kemajuan teknologi di tangan siapa. Tapi kemajuan teknologi tidak boleh menghilangkan kemanusiaan kita,” ujar Budi saat memberikan sambutan pada wisuda London School of Public Relation (LSPR) Class 2023 di Jakarta, Kamis.

Begitu juga dengan kecerdasan buatan, yang mana semua negara saat ini sedang mendiskusikan dan berhati-hati dengan kecerdasan buatan. Dia menjelaskan jangan sampai teknologi disalah gunakan misalnya untuk menyebarkan hoaks dan sebagainya.
Baca juga: Stranas AI dinilai perlu diperbarui ikuti perkembangan terkini

“Tugas kalian sebagai sarjana komunikasi untuk mengatasi hal itu. Kecepatan Indonesia menjadi negara maju juga tergantung pada sumber daya manusia. Diharapkan wisudawan LSPR dapat mengembangkan dan memaksimalkan kreatifitas untuk dapat memajukan bangsa dan negara,” imbuh dia lagi. 

Pendiri LSPR, Dr (HC) Prita Kemal Gani mengatakan sebagai institusi pendidikan, pihaknya berkomitmen melakukan riset dan pengabdian masyarakat yang berdampak positif untuk lingkungan, sosial dengan melibatkan komunitas. Serta penerapan pendekatan ekonomi sirkular dengan membantu dan memberdayakan UMKM untuk berkembang. 

Rektor LSPR, Dr Andre Ikhsano, mengatakan pendidikan tinggi adalah investasi jangka panjang, tidak hanya bagi individu, tetapi juga bagi masyarakat dan negara. 

“Kualitas lulusan merupakan tolak ukur utama keberhasilan sebuah perguruan tinggi. Kami berkomitmen untuk terus memberikan wadah pendidikan yang bermutu dan menciptakan lulusan yang siap menghadapi tantangan di dunia nyata. Adanya kolaborasi antara perguruan tinggi dan juga dunia industri menjadi peluang besar untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang lebih responsif terhadap kebutuhan dunia kerja, meningkatkan peluang kesuksesan karir bagi mahasiswa, dan mendukung perkembangan industri secara keseluruhan,” terang Andre.

Saat ini serapan lulusan perguruan tinggi tersebut lebih dari 70 persen untuk jenjang sarjana dan lebih dari 90 persen untuk jenjang pascasarjana.***

Baca juga: Menkominfo minta masyarakat tak terhasut hoaks terkait bentrok Bitung

 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023