Doha (ANTARA) - Jika anda mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Qatar, anda wajib mendatangi sebuah pasar besar yang terkenal di sana yaitu Souq Waqif.
 
Souq Waqif merupakan pasar tertua di Doha dengan ciri khas bangunan-bangunan Arab bernuansa kecoklatan dan terdapat gang-gang kecil di dalamnya.
Suasana toko di pasar tertua di Doha, Souq Waqif (ANTARA/Fitra Ashari)
 
Di sini anda bisa menemui berbagai jenis oleh-oleh maupun kebutuhan rumah tangga seperti cenderamata, gantungan kunci, baju abaya, pajangan buatan tangan, karpet, coklat hingga teko-teko cantik.
Anda juga diperbolehkan melakukan tawar-menawar di sini untuk mendapatkan harga terbaik untuk barang yang Anda beli.
 
Selain berbelanja Anda juga bisa mendapatkan pengalaman mendapatkan Henna atau pacar kuku khas warga Timur Tengah. Henna terbuat dari bahan alami yaitu tumbuh-tumbuhan sehingga hampir bisa dipastikan tidak akan memicu reaksi alergi. Anda bisa mendapatkan tato henna ini seharga 15 Qatar Riyal.
Suasana toko di pasar tertua di Doha, Souq Waqif (ANTARA/Fitra Ashari)
 
Untuk kain atau baju abaya harga yang ditawarkan oleh penjual rata-rata berkisar 90 sampai 120 Qatar Riyal.
 
Sementara untuk cenderamata seperti gantungan kunci dan tempelan kulkas Anda bisa mendapatkannya dengan harga 10-15 Qatar Riyal.
 
Untuk barang-barang handmade atau pajangan buatan tangan biasanya penjual akan mematok harga yang sedikit lebih mahal. Misalnya pajangan dari tanah liat buatan tangan mereka menawarkan dengan harga 40-100 Qatar Riyal, dan tas tangan kecil dengan motif manik-manik atau rajutan Anda bisa mendapatkannya dengan harga 40-60 Qatar Riyal untuk satu buah.
Suasana pasar tertua di Doha, Souq Waqif (ANTARA/Fitra Ashari)
 
Selain berbelanja, Anda juga bisa melihat banyak restoran ataupun pedagang kaki lima di sekitar Souq Waqif.
 
Dalam restoran biasanya warga Qatar menikmati malam untuk sekedar nongkrong atau berbincang sambil merokok khas Arab, Shisha.
 
Anda juga bisa mencicipi beberapa cemilan tradisional Qatar yang dijual di sekitar pasar seperti Ragag yaitu roti kering yang bisa diisi dengan selai coklat, keju ataupun telur seharga 15 Qatar Riyal.
 
Souq Waqif dibuka mulai pukul 12 siang dan tutup sekitar jam 3 atau 4 subuh. Beberapa pedagang juga akan menutup tokonya sejenak jika sudah memasuki waktu sholat dan buka kembali setelahnya.
 
Suasana restoran di pasar tertua di Doha, Souq Waqif (ANTARA/Fitra Ashari)
 
Biasanya warga sekitar akan datang menjelang sore hari karena saat siang cuaca cukup panas.
Jika lelah Anda bisa bersantai di bangku-bangku yang jumlahnya cukup banyak, yang tersedia di lahan luas di depan pasar.
 
Sedikit kiat dari pihak Museum Qatar, Salma Sadek, pasar ini akan menjadi sangat ramai setiap hari Kamis mulai dari sore hari, jadi wisatawan bisa memperkirakan waktu jika tidak ingin berdesakkan.
Salah satu penjual makanan khas Qatar di Souq Waqif (ANTARA/Fitra Ashari)
 
Bagi yang mengendarai mobil juga tidak perlu khawatir, karena Souq Waqif menyediakan lahan parkir di bawahnya yang cukup banyak dan tertata.
 
Bagi wisatawan asing, di Souq Waqif juga tersedia tempat penukaran uang dan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) jika anda membutuhkannya.

Baca juga: Melihat instalasi seni di tengah gurun dan situs terbesar di Doha

Baca juga: Menikmati malam dengan segelas karak di Katara Cultural Village Qatar

Baca juga: Pesona masa lalu dan modernitas di Qatar

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023