Jakarta (ANTARA) - Wakil dari Jakarta Barat Arya Arsendi keluar sebagai pemenang nomor Speed Perorangan Upper 18 Putra dengan catatan waktu 5.949 detik.dalam Kejuaraan Panjat Tebing Provinsi DKI Jakarta 2023, Kamis.

Kemenangan dalam kejuaraan yang digelar oleh Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) tersebut diraih Arya seusai bersaing sengit di final dengan kawannya yang sama-sama wakil dari Jakarta Barat yakni Ridwan Said Wijayanto yang mampu mencapai puncak pada detik ke 7.358 dan menempati posisi kedua.

Farhan Ihza Pahlevi yang juga asal Jakbar menempati posisi ketiga dengan waktu 6.376 detik seusai mengalahkan wakil dari Jakarta Timur Lodi yang membukukan waktu 6.546 detik.

Sebelumnya, pada babak penyisihan dan semi final Arya dengan nomor punggung 060 selalu mengungguli pesaingnya dengan selalu mencatatkan waktu tercepat.

Pada babak kualifikasi, Arya mencatatkan waktu terbaik 5.898 detik pada jalur A, dan 5,934 detik pada semi final.

Sementara, Ridwan menempati posisi ketiga pada kualifikasi dengan catatan waktu terbaik 6.6 detik pada jalur A, namun saat semi final berhasil sampai ke puncak selama 6.682 detik yang berhasil menariknya masuk ke final, karena menempati peringkat kedua.

Ketua Harian FPTI DKI Jakarta Muhammad Sulaiman mengatakan rangkaian kompetisi dan Kejurprov itu menjadi bagian dari kaderisasi dan persiapan menuju kejuaraan yang skalanya lebih tinggi.

Dengan demikian, para juara berpeluang untuk menjadi wakil dari DKI Jakarta dalam kejuaraan nasional terdekat yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

"Tahun depan itu kita ada PON 2024 di Aceh. Jadi, ini menjadi cara bagi para pelatih untuk menjaring atlet-atlet, yang mungkin saja bisa lebih baik dibandingkan atlet yang saat ini sudah ada," kata Sulaiman.

Sulaiman mengatakan kejuaraan tingkat provinsi ini merupakan kegiatan rutin dan wajib dilakukan oleh setiap pada provinsi, serta sesuai dengan amanat rapat kerja pengurus provinsi DKI Jakarta.

"Berasarkan laporan, seluruh pengurus kota di DKI Jakarta, mengikuti kegiatan ini. Total peserta pada kejuaraan kali ini adalah 146 orang, yaitu 77 atlet putra dan 69 atlet putri," ujar Sulaiman.


Baca juga: Ketua Kejurprov DKI sebut cabor panjat tebing semakin naik daun
Baca juga: FPTI Jakarta jaring atlet PON 2024 melalui Kejurprov 2023

 

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023