Paris (ANTARA) - Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committee/IOC) pada Rabu (29/11) mengundang Komite Olimpiade Nasional (National Olympic Committee/NOC) Prancis dan Amerika Serikat (AS) dalam dialog khusus tentang kemungkinan penyelenggaraan Olimpiade dan Paralimpiade Musim Dingin 2030 di Pegunungan Alpen, Prancis, dan edisi 2034 di Salt Lake City, Utah, AS.

IOC mengatakan bahwa pihaknya ingin memberikan kedua edisi tersebut kepada tuan rumah terpilih dalam Sidang IOC ke-142 yang akan digelar pada Juli 2024 di Paris.

Selain itu, IOC memutuskan untuk memberikan proyek khusus non-edisi, Switzerland 203x, dengan mengundang Swiss dalam "dialog istimewa" tentang Olimpiade dan Paralimpiade Musim Dingin 2038.

Komisi Penyelenggara Masa Depan IOC mengadakan pertemuan di Lausanne sebelumnya pada bulan ini, dan NOC sejumlah negara yang berminat menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin mempresentasikan proyek-proyek mereka kepada Komisi tersebut, kata IOC.

Prinsip potensi alokasi ganda Olimpiade dan Paralimpiade Musim Dingin 2030 dan 2034 telah disetujui oleh Sidang IOC ke-141 di Mumbai, India, pada Oktober lalu.

IOC mengatakan alasan memilih Pegunungan Alpen Prancis adalah untuk memperbarui Pegunungan Alpen utara dan selatan sebagai destinasi olahraga musim dingin dengan bertransisi ke strategi pariwisata yang lebih berkelanjutan untuk olahraga musim dingin dalam konteks perubahan iklim.

Sementara itu, IOC mengatakan pencalonan Salt Lake City bertujuan untuk membangun warisan positif dari Olimpiade Musim Dingin Salt Lake City 2002 dan meningkatkan Dana Warisan Olimpiade yang sudah ada, dalam rangka memperpanjang siklus hidup berbagai venue dan program olahraga.

Keputusan untuk mengundang Switzerland 203x ke dalam dialog istimewa tersebut didasarkan pada banyaknya venue yang ada. "Pengalaman hebat Swiss dalam menyelenggarakan acara olahraga musim dingin internasional; serta peran Swiss sebagai negara tuan rumah IOC dan banyak Federasi Olahraga Internasional," lanjut IOC.

IOC mengatakan dalam dialog istimewa tersebut, pihaknya tidak akan mengadakan diskusi dengan calon tuan rumah lain untuk Olimpiade dan Paralimpiade Musim Dingin 2038.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2023