Pemerintah Indonesia dan OceanX telah sepakat melakukan eksplorasi bersama pada tahun depan di Indonesia,
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia menggandeng inisiatif eksplorasi laut, OceanX untuk bekerja sama meningkatkan potensi kelautan di Indonesia.

Kesepakatan kerja sama itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Ad Interim Erick Thohir saat menyambut delegasi dalam acara Indonesia Night di OceanXplorer Research Vessel, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Kamis (30/11).

“Pemerintah Indonesia dan OceanX telah sepakat melakukan eksplorasi bersama pada tahun depan di Indonesia,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Indonesia dan Korsel menjajaki potensi kerja sama bidang kemaritiman

Erick menuturkan OceanX merupakan inisiatif eksplorasi laut yang didirikan Mark Dalio dan Ray Dalio yang termasuk pendiri Bridgewater Associates.

Kerja sama eksplorasi laut tersebut akan mencakup banyak topik, seperti keanekaragaman hayati laut, karbon biru, penilaian stok ikan, pemetaan gempa, dan eksplorasi laut dalam. Erick optimistis eksplorasi ini dapat membuka potensi kelautan Indonesia.

Selain potensi kelautan, lanjut Erick, kerja sama dengan OceanX juga fokus pada peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya laut.

"Kami mengirim 15 siswa dari Azores ke Malta untuk mengikuti Program OceanX Young Explorer. Kami juga mengadakan kuliah umum di Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)," ucap Erick.

Tak hanya itu, untuk memperkuat kerja sama ini, Erick juga mengajak pihak-pihak lain untuk terlibat dalam eksplorasi laut Indonesia guna mengungkap potensi laut yang belum tergali.

Baca juga: Erick Thohir sebut dividen BUMN lampaui target

Menurut Erick, dalam 10 tahun terakhir, Indonesia telah mentransformasi perekonomian.

Indonesia pun telah mempunyai strategi konkret untuk berkembang melalui industrialisasi, dekarbonisasi, interkoneksi, digitalisasi, dan distribusi ekonomi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan dan adil.

"Dengan strategi tersebut, kami yakin dapat menjadi negara berpendapatan tinggi dan salah satu dari lima perekonomian teratas di dunia pada 2045. Oleh sebab itu, kami mengundang seluruh mitra untuk menjadi bagian dari perjalanan kami mencapai visi 2045 yakni Indonesia Emas," kata Erick.

 

 

 

 

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023