Reuni 212 kali ini bela Palestina dan ini murni tidak ada pesan politik
Jakarta (ANTARA) -
Polda Metro Jaya mengerahkan sebanyak 5.734 personel untuk mengamankan acara Munajat Kubro bertema "Untuk Keselamatan NKRI dan Kemenangan Palestina" di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu (2/12).

"5.734 personel untuk pengamanan 2 Desember 2023 di Monas," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat dikonfirmasi, Jumat.

Sementara itu Kasatlantas Polres Jakarta Pusat Kompol Gomos Simamora mengatakan, kepolisian juga menerapkan rekayasa lalu lintas yang bersifat situasional saat acara berlangsung.

"Dengan jumlah banyak orang pasti ada pengalihan (arus) nanti. Tapi mudah-mudahan hari Sabtu nanti lebih landai. Kita belum tahu massanya, jumlahnya berapa," katanya.
 
Sebelumnya, Persaudaraan Alumni (PA) 212 bakal menggelar Munajat Kubro 212 yang diprediksi dihadiri jutaan masyarakat di kawasan Monas, Jakarta Pusat pada Sabtu (2/12)
 
"Insyaallah, estimasi massa tiga juta orang," kata Wakil Sekretaris Jenderal PA 212, Novel Bamukmin saat dikonfirmasi, Jumat.

Novel menjelaskan acara tersebut akan dimulai sekitar pukul 03.00-09.00 WIB, diawali Salat tahajud, munajat, Salat Subuh berjemaah, dengan dilanjutkan tausiah para dai nasional sampai 09.00 WIB pagi.
 
Dia juga menjelaskan acara pada tahun ini murni menyuarakan membela Palestina. Tidak akan ada yang menyerukan tentang politik atau untuk mendukung salah satu pasangan calon (paslon) pada Pilpres 2024.
 
"Reuni 212 kali ini bela Palestina dan ini murni tidak ada pesan politik," ucapnya.
 
Sebagai catatan acara tersebut juga telah mendapatkan izin dari Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) sesuai surat nomor B-43/KSN/S/PB02/11/2023 yang untuk diselenggarakan di Monas, Gambir, Jakarta Pusat.

Baca juga: TransJakarta alihkan tiga rute imbas aksi massa di Jakpus

Baca juga: Massa aksi buruh membubarkan diri setelah terima rekomendasi UMK

Baca juga: Polisi kerahkan ratusan personel kawal aksi massa di Patung Kuda

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023