Ottawa (ANTARA) - Jumlah lowongan pekerjaan di Kanada menurun 40.700, atau 6,1 persen, menjadi 632.200 pada September 2023, melanjutkan tren penurunan yang stabil dari puncaknya di angka lebih dari 1 juta pada Mei 2022 lalu, ungkap Statistics Canada pada Kamis (30/11).

Lowongan pekerjaan Kanada pada September berada pada level terendah sejak Februari 2021, dan total permintaan tenaga kerja, yang berkaitan dengan jumlah posisi pekerjaan yang terisi dan lowong, mengalami penurunan selama tiga bulan berturut-turut, menurut badan statistik nasional itu.

Tingkat lowongan pekerjaan, yang berkaitan dengan jumlah posisi yang lowong sebagai proporsi total dari permintaan tenaga kerja, menyusut 0,2 poin persentase menjadi 3,6 persen pada September, level terendah sejak Januari 2021, papar badan tersebut.

Jumlah posisi yang lowong menurun dalam empat sektor, yaitu jasa akomodasi dan makanan, konstruksi, keuangan dan asuransi, serta administrasi publik.

Penurunan ini sebagian diimbangi oleh jumlah lowongan pekerjaan yang lebih banyak dalam layanan pendidikan, serta industri informasi dan budaya, urai badan tersebut.

Terdapat 1,9 pengangguran untuk setiap lowongan pekerjaan pada September, naik dari 1,8 pada Agustus dan 1,2 pada awal 2023. Kenaikan rasio pengangguran terhadap lowongan pekerjaan itu didorong oleh ketersediaan lowongan pekerjaan yang lebih sedikit, saat jumlah penganggur tidak mengalami banyak perubahan pada September, kata Statistics Canada. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023