Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perhubungan menyerahkan pengoperasian dua rangkaian kereta api ekonomi AC untuk menambah fasilitas angkutan Lebaran tahun ini.

Menurut siaran pers Humas Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Jakarta, Jumat, dua rangkaian Kereta Api Ekonomi AC yang diberi nama KA Krakatau itu akan melayani jalur lintas Merak-Madiun dan Madiun-Merak.

Humas Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Muhartono, mengatakan pengadaan dua rangkaian kereta  itu ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kereta api lintas kota yang diharapkan bisa mengatasi masalah kemacetan.
 
Dua rangkaian kereta api produksi PT INKA Madiun untuk Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan yang kemudian diserahkan ke PT Kereta Api Indonesia itu yang masing-masing terdiri atas 10 kereta penumpang dan satu kereta makan.

Kereta api ekonomi yang setiap rangkaiannya berkapasitas 768 tempat duduk itu juga dilengkapi dengan 64 tempat duduk untuk penduduk lansia dan orang berkebutuhan khusus.

Muhartono mengatakan, dua rangkaian kereta ekonomi itu merupakan bagian dari pengadaan 50 kereta ekonomi AC yang dilakukan pemerintah dengan dana Rp174 miliar.

Tahun 2012 lalu, pemerintah menyerahkan pengoperasian kereta ekonomi AC Menoreh yang melayani rute Pasar Senen-Semarang serta KA Majapahit I dan Majapahit II untuk rute Pasar Senen-Malang dan sebaliknya kepada PT Kereta Api Indonesia untuk menambah sarana angkutan Lebaran.


Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013