Dubai (ANTARA) - Presiden Joko Widodo telah tiba di Dubai, Uni Emirat Arab, untuk mengikuti pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim PPB 2023 atau COP28 dan memaparkan penyataan nasional terkait kebijakan dan komitmen Indonesia dalam mengatasi perubahan iklim.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengatakan Presiden Jokowi tiba di Dubai pada Kamis sore (30/11) dan tadi malam sudah diskusi tentang rencana agenda untuk hari ini.  
 
“Beberapa acara yang dijalani antara lain pembukaan resmi World Climate Action Summit COP28 UNFCCC, national statement; pembicara tentang transforming food system dalam menghadapi tantangan perubahan iklim dan beberapa meeting multilateral seperti G77 dan dengan Perdana Menteri Norwegia,” ujarnya di Dubai, Jumat.
 
Menteri Siti menuturkan dalam diskusi sekaligus hal-hal yang substansial dibahas dalam kaitan implementasi berkenaan dengan agenda-agenda kerja sama.
 
Presiden Jokowi menyampaikan implementasi kebijakan mengenai agenda-agenda yang sudah harus ditindaklanjuti operasional pada tingkat kabinet.  
 
Kegiatan COP28 dilaksanakan di Expo City Dubai, Uni Emirat Arab, pada 30 November sampai 12 Desember 2023.

Seluruh negara peserta Konvensi Kerangka Kerja Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNFCCC hadir untuk memaparkan pencapaian aksi iklim mereka dan menyepakati komitmen-komitmen untuk menekan laju perubahan iklim.
 
Pemerintah Indonesia bakal memaparkan kemajuan aksi iklim dan berbagai upaya pengurangan emisi gas rumah kaca pada sektor kehutanan, energi, industri, limbah hingga pertanian dan peternakan.
 
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melaporkan data emisi karbon Indonesia tercatat sebanyak 1,84 gigaton setara karbon dioksida pada tahun 2019, lalu turun ke angka 1,05 gigaton pada 2020, sebesar 1,14 gigaton pada 2021, dan sebanyak 1,20 gigaton pada tahun 2022.

Baca juga: COP28 Dubai serukan percepatan respons iklim global

Baca juga: Indonesia pastikan target FOLU Net Sink 2030 di COP28 Dubai

Baca juga: Paviliun Indonesia bahas berbagai upaya penurunan emisi karbon

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023