Kediri (ANTARA) - Tim putra BIN Pasundan berhasil meraih kemenangan pertama final four Livoli Divisi Utama 2023 setelah menundukkan Indomaret Sidoarjo di GOR Jayabaya, Kota Kediri, Jawa Timur, dengan skor 3-0 (25-18, 25-22, 25-20).

BIN Pasundan menampilkan permainan menawan dalam laga itu. Mantan toser nasional Nizar Zulfikar menjadi toser utama menggantikan Jasen Kilanta. Jasen di laga-laga babak reguler Livoli Divisi Utama lalu menjadi pengumpan utama.

"Tadi memang sempat tertinggal beberapa poin, seperti di set kedua, tetapi kami selalu saling mengingatkan, untuk bangkit," kata spiker andalan BIN Pasundan, Fahran Halim di Kediri, Jumat.

Namun timnya bangkit sehingga memperoleh hasil yang cukup baik setelah menundukkan Indomaret Sidoarjo dengan skor 3-0 (25-18, 25-22, 25-20).

Sementara itu, Manajer Indomaret Sidoarjo Sutono mengatakan timnya banyak melakukan kesalahan, terutama pada penyelesaian akhir dan umpan.

Menurutnya, timnya kurang begitu bersemangat dalam pertandingan pertama tersebut.

"Mungkin karena pertandingannya digelar pagi, sehingga untuk mengangkat tim ke performa terbaik susah," katanya.

Sutono menambahkan, timnya kesulitan menghadapi serangan cepat melawan BIN Pasundan.

Ia berharap di pertandingan-pertandingan berikutnya bisa bangkit, sehingga peluang untuk ke final terjaga.

Kota Kediri menjadi lokasi pertandingan babak final four Livoli Divisi Utama 2023. Pertandingan ini berlangsung hingga 10 Desember 2023 dengan sistem kompetisi penuh di mana setiap tim saling bertemu dua kali.

Babak final four tersebut berlangsung dua putaran. Putaran pertama berlangsung tanggal 1-3 Desember 2023, dan keduanya tanggal 5-7 Desember 2023 dan ditutup grand final tanggal 9 dan 10 Desember 2023.

Peserta babak final four ini adalah Indomaret dan BIN Pasundan, LavAni dan PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi untuk sektor putra.

Sedangkan di sektor putri terdiri dari TNI AU, TNI AL, Popsivo Polwan, dan Petrokimia Gresik Pupuk Indonesia.

Empat tim putra dan empat putri ini memastikan lolos ke final four setelah melalui putaran reguler pertama di Tangerang, Banten pada 6-11 November 2023, dan putaran reguler kedua di Magetan, Jatim, 14-19 November 2023.

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2023