Nanchang (ANTARA) - Provinsi Jiangxi di China memberlakukan sebuah peraturan untuk mencegah dan mengendalikan polusi fosfor total di Danau Poyang, danau air tawar terbesar di negara tersebut.

Peraturan lokal itu akan berlaku mulai 1 Januari 2024. Peraturan tersebut merupakan yang pertama dari jenisnya di seluruh China yang berkaitan dengan pencegahan dan pengendalian satu faktor pencemaran di sebuah danau, ungkap pemerintah setempat pada Kamis (30/11).

Danau Poyang merupakan salah satu lahan basah terpenting di dunia. Danau itu menyumbangkan aliran air tahunan rata-rata sebesar 146 miliar meter kubik ke Sungai Yangtze, mewakili sekitar 15 persen dari limpasan Sungai Yangtze.

Danau tersebut memiliki berbagai fungsi ekologis, seperti pengendali banjir, penyimpan air, dan perlindungan keanekaragaman hayati.

Menurut peraturan itu, di daerah tepi danau di mana konsentrasi fosfor total jauh melampaui standar, penggunaan deterjen yang mengandung fosfor dilarang di daerah resapan yang dapat memengaruhi kualitas air.

Peraturan tersebut juga menjelaskan tanggung jawab pencegahan dan pengendalian polusi serta upaya koordinasi untuk memecahkan berbagai masalah terkait.

Dalam beberapa tahun terakhir, kualitas air Danau Poyang telah membaik. Namun, polusi fosfor total masih menjadi ancaman yang signifikan terhadap kualitas airnya.

Pemerintah Provinsi Jiangxi telah berupaya untuk mengurangi konsentrasi fosfor total danau tersebut hingga mencapai jumlah standar Tingkat III dalam sistem kualitas air lima tingkat di negara tersebut hingga 2030 mendatang. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023