Implementasi ESG saat ini merupakan aspek yang tidak bisa lagi dihiraukan dalam rangka membangun masa depan yang berkelanjutan...
Jakarta (ANTARA) - Peruri meraih penghargaan ESG Disclosure Transparency Award 2023 kategori CCC atas komitmen perusahaan dalam menerapkan prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola (environmental, social, and governance/ESG) yang selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan.

Penghargaan tersebut diterima oleh POH Kepala Biro Strategic Corporate Branding & TJSL Peruri Evan Septantyo dari ajang yang diselenggarakan oleh Inventor Trust tersebut.

“Implementasi ESG saat ini merupakan aspek yang tidak bisa lagi dihiraukan dalam rangka membangun masa depan yang berkelanjutan untuk generasi penerus bangsa ini. Dan Peruri adalah perusahaan yang sudah menerapkan ESG melalui beberapa program,” kata Evan dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Contoh program konkret di bidang lingkungan yang telah dilakukan Peruri adalah penggunaan sumber energi ramah lingkungan dengan PLTS atau solar panel, pemberdayaan kampung iklim di Karawang, Jawa Barat, pemberdayaan pengusaha kecil dan mikro, serta beberapa lainnya.

Menurut Evan, penerapan prinsip-prinsip ESG di Peruri telah menjadi bagian dari strategi perusahaan menuju keberlanjutan, serta merupakan komitmen perusahaan dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan sesuai dengan misi perusahaan.

Evan pun sepakat bahwa saat ini banyak pihak yang berinvestasi atau melakukan kolaborasi dengan perusahaan-perusahaan dengan mempertimbangkan penerapan prinsip ESG sebagaimana mestinya. Dengan demikian, nilai-nilai lingkungan, sosial, dan tata kelola harus terus menjadi perhatian khusus.

Peruri telah membuat kebijakan khusus dalam mengimplementasikan aspek ESG dalam proses bisnisnya yang tertuang dalam Roadmap Peruri Hijau.

Perusahaan juga terus berupaya meningkatkan bisnis yang berkelanjutan dengan terus membuktikan kepeduliannya terhadap masyarakat dan kelestarian lingkungan di sekitar wilayah operasinya, serta menerapkan teknologi ramah lingkungan dan energi terbarukan.

“Penghargaan ini tidak hanya merupakan pengakuan, namun menjadi motivasi kami untuk terus mengaplikasikan semangat keberlanjutan yang selaras dengan nilai-nilai perusahaan. Kami pun berharap penghargaan ini juga bisa menginspirasi dan memicu perusahaan lainnya untuk mengadopsi praktik ESG terbaik, guna menghadapi perubahan iklim dan terus memelihara bumi kita tercinta," ujar Evan.

Penghargaan ini menjadi semangat bagi Peruri untuk terus berkembang dengan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, terus berkomitmen memberikan kontribusi positif untuk Indonesia, serta meningkatkan eksposure terkait implementasi ESG oleh perusahaan kepada masyarakat, pelanggan, pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya.
Baca juga: Peruri dukung Denpasar jadi kota pintar berbasis budaya
Baca juga: Peruri raih peringkat emas pada Asia Sustainability Report Rating 2023

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023