Muaradua (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatra Selatan menjadikan Desa Gunung Terang, Kecamatan Buay Sandang Aji sebagai Desa Bersih Narkoba (Bersinar).

Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo di Muaradua, Jumat, mengatakan bahwa diresmikannya Desa Bersinar ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memberantas peredaran narkoba di wilayah Kabupaten OKU Selatan.

"Peresmian Desa Bersinar ini sebagai bentuk sinergi pemerintah daerah bersama Polres OKU Selatan dalam pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba hingga ke pelosok desa," katanya.

Dia menjelaskan, Desa Bersinar adalah desa yang melaksanakan program-program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) secara mandiri, baik itu kegiatan pencegahan, pemberantasan dan rehabilitasi.

Dipilihnya Desa Gunung Terang sebagai Desa Bersinar karena memenuhi beberapa indikator seperti telah melaksanakan kegiatan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba secara mandiri di desa setempat.

Selain itu, masyarakat di wilayah itu juga sebagian besar sudah memahami tentang bahaya akibat narkoba dan mampu menangkalnya sedini mungkin.

Menurut Bupati, dalam menekan angka penyalahgunaan narkoba tidak dapat dilakukan oleh pemerintah sendiri, namun dibutuhkan sinergi masyarakat mengingat peredarannya sudah menyebar luas merusak generasi bangsa hingga ke pelosok desa.

Oleh sebab itu, Pemkab OKU Timur mendukung penuh program pemberantasan narkoba seperti meresmikan Desa Bersinar agar masyarakat terdidik tentang bahaya narkoba.

"Saya berharap Desa Gunung Terang ini menjadi percontohan bagi desa-desa lainnya di OKU Selatan untuk secara mandiri menjauhi narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya," ujarnya.

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023