Kami dari Wonderful Indonesia senang berkolaborasi dengan Rumah Atsiri.
Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dengan mitra co-branding Rumah Atsiri Indonesia meluncurkan ‘Scent of Wonderful Indonesia’ yakni sebuah wewangian dengan aroma khas Indonesia.
 
Kolaborasi ini merupakan sebuah langkah pemasaran multisensory melalui pelibatan kombinasi panca indra untuk menyentuh sisi emosional manusia.
 
“Kami dari Wonderful Indonesia senang berkolaborasi dengan Rumah Atsiri, karena ini merupakan sinergi yang tepat untuk dapat dipresentasikan ke dunia,” ujar Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Martini, di Jakarta, Jumat.
 
Aroma tersebut, katanya lagi, mengedepankan sensori olfaktori yang di dalamnya turut mengedepankan indera penciuman dalam membentuk identitas Wonderful Indonesia.
 
Pelibatan sensori olfaktori juga untuk mengedepankan daya tarik wisata kebugaran (wellness tourism) Indonesia.
 
Dia pun berharap kerja sama ini mampu meningkatkan penjualan.
 
Founder Rumah Atsiri Indonesia Natasha Clairine mengatakan aroma hasil kolaborasi ini merupakan minyak atsiri yang memadukan pala, nilam, serai, dan limau.
 
Rempah-rempah khas Indonesia yang selama ini berperan dalam masakan dan obat tradisional itu dihadirkan dalam bentuk wewangian yang membentuk aroma khas Indonesia.
 
Minyak atsiri kolaborasi dengan Kemenparekraf ini memiliki aroma pala yang hangat dan pedas dengan sedikit rasa manis untuk meninggalkan kesan membumi. Adapula nilam asli Indonesia di dalamnya yang beraroma musky dan bersahaja dengan rasa rempah nan manis.
 
Dua komposisi adalah serai dan limau yang memberikan kesan segar serta bermanfaat sebagai aromaterapi lantaran dapat mengurangi stres.
 
“Harapannya kami dapat menyebarluaskan ini sebagai aroma yang bisa mengingatkan masyarakat dan terutama tamu-tamu atau turis-turis mancanegara maupun domestik mengenai Indonesia itu seperti apa melalui aromanya,” ujarnya lagi.
Baca juga: Rumah Atsiri Scent of Wonderful Indonesia padukan empat aroma khas
Baca juga: Rumah Atsiri Indonesia kembangkan medsos bidik kalangan berbagai usia

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023