• Singapura menjadi kota di Asia dengan skor tertinggi di dunia berdasarkan daya tahan secara keseluruhan, berada di peringkat keempat dari 25 kota.
  • Sebagian besar kota yang rentan terhadap bencana banjir adalah kota-kota yang memiliki tingkat pendapatan rendah dan menengah-atas di Asia Pasifik, seperti Bangkok, Dhaka, dan Jakarta.
  • Dhaka, Jakarta, dan New Delhi merupakan kota-kota yang kurang memadai berdasarkan daya tahan secara keseluruhan.
  • Kota-kota yang kaya modal seperti Dubai, Singapura, dan Shanghai menjadi yang terbaik dalam pengembangan  infrastruktur penting.
  • Upaya membangun daya tahan kota membutuhkan peran pemangku kepentingan dari kalangan pemerintah, pelaku bisnis, dan komunitas, serta setiap warga perkotaan, serta pola pikir holistis pada level komunitas dan pemerintah kota. Riset ini menekankan pentingnya investasi dan inovasi untuk mengatasi tantangan terbesar terhadap daya tahan sebuah kota.
Singapura, (ANTARA/PRNewswire)- Tokio Marine Group dan Economist Impact meluncurkan "The Resilient Cities Index 2023", sebuah riset penting terbaru yang mengkaji risiko terbesar yang dihadapi kota-kota di dunia. Indeks tersebut disusun oleh Economist Impact dan disponsori oleh Tokio Marine Group.  yang mengevaluasi kemampuan 25 kota di dunia untuk menghindari, menghadapi, dan menjalani pemulihan dari berbagai guncangan dan tekanan jangka panjang.

Pada 2050, lebih dari dua per tiga penduduk dunia akan tinggal di perkotaan. Urbanisasi yang pesat menjadikan ancaman ini semakin mendesak, dan banyak kota menghadapi ancaman yang terus berkembang terhadap pusat perkotaan. Riset ini bertujuan untuk mengukur daya tahan masyarakat dan kota, mengidentifikasi kesenjangan dan tantangan, serta menganalisis peluang dan langkah ke depan.

Menurut index tersebut, berbagai kota di wilayah Asia dan Pasifik lebih rentan terhadap perubahan iklim mengingat faktor geografi dan risiko bencana alam, serta cuaca ekstrem yang semakin memburuk. Di negara-negara berkembang, hal tersebut kerap diperburuk oleh infrastruktur kelembagaan yang lemah, serta banyaknya penduduk dengan tingkat penghasilan yang lebih rendah. Kota-kota di Asia memiliki kinerja yang relatif baik dalam manajemen bencana. Hong Kong, New Delhi, Shanghai, Singapura, dan Tokyo bahkan meraih skor tinggi dari sisi budaya siaga bencana. Laporan ini mengungkapkan, budaya siaga bencana berperan terhadap kesuksesan daya tahan bencana.

Beberapa kota di Asia juga memiliki kinerja yang baik berdasarkan aspek infrastruktur penting. Namun, terdapat beberapa kelemahan yang masih membutuhkan fokus strategis. Kota-kota yang memiliki skor tertinggi adalah Dubai, Shanghai, dan Singapura. Kota-kota dengan pasar yang kaya modal ini lebih berpeluang membangun infrastruktur baru dibandingkan kota-kota di Eropa dengan keterbatasan akibat sistem yang telah berusia puluhan tahun atau berabad-abad. Menurut aspek ini, infrastruktur digital dan transportasi menjadi kendala dalam meningkatkan  daya tahan kota-kota .

Meski demikian, daya tahan kota-kota di Asia kurang memadai dari sisi lingkungan hidup. Indikator ini berkaitan dengan bencana banjir, hawa panas, pencemaran udara, dan dekarbonisasi. Di antara kota-kota berkembang di Asia, Bangkok, Dhaka, dan Jakarta kurang mampu menangani bencana banjir, sedangkan, New Delhi dan Jakarta sangat terpapar dari insiden hawa panas. Hal tersebut mencerminkan tantangan yang dihadapi kota-kota ini di tengah kondisi cuaca yang semakin bergejolak akibat perubahan iklim.

Max Hirai, CEO, Tokio Marine Asia, menyampaikan: "Resilient Cities Index mengemukakan pentingnya Asia menangani perubahan lingkungan hidup secara lebih serius jika ingin memitigasi risiko yang ada dan baru muncul yang dihadapi kota-kota global dan penduduknya. Peristiwa cuaca ekstrem, dari topan dan kebakaran hutan hingga banjir dan gelombang panas, semakin sering terjadi bahkan dampaknya semakin buruk. Menilai mitigasi bencana sebagai isu sosial yang penting, Tokio Marine Group berupaya membangun bisnis pencegahan dan mitigasi bencana yang komprehensif.

Kami telah melihat secara langsung peran penting asuransi dalam meningkatkan dinamika pasar di perekonomian berkembang.  Dengan meningkatkan penetrasi asuransi, kami membantu pelaku bisnis dan komunitas bangkit kembali, serta mengembangkan kemampuan untuk pulih dengan  lebih baik."

Pavlos Spyropoulos, Regional Managing Director - Asia Pacific, Tokio Marine Kiln, menambahkan: "Kita harus menangani kota-kota di Asia yang semakin rentan dilanda bencana alam, dan upaya tersebut membutuhkan kerja sama pemerintah dan swasta guna membangun daya tahan kota."

Perusahaan asuransi spesialis memiliki kemampuan dan keahlian dalam melakukan perhitungan dan  menyediakan solusi untuk memitigasi risiko kompleks. Layanan ini termasuk, misalnya, mendukung pengembangan infrastruktur digital dengan menyediakan asuransi siber, serta menciptakan produk baru yang melindungi dan membangun rantai pasok yang lebih tangguh.

Pembentukan Tokio Marine Resilience akan meningkatkan solusi pencegahan dan mitigasi bencana secara komprehensif melalui perencanaan, pengembangan, dan penyediaan layanan baru. Melalui bisnis ini, Tokio Marine Group akan berkontribusi dalam membangun masyarakat tangguh yang mampu menangani bencana alam.

Catatan untuk Editor

Indeks Daya Tahan Kota, yang dikembangkan oleh Economist Impact dan didukung oleh Tokio Marine Group, untuk mengukur kemampuan kota dalam memprediksi, menghadapi, beradaptasi, dan melakukan pemulihan dari berbagai perubahan secara efisien. Index tersebut mengevaluasi 25 kota berdasarkan empat aspek dan 19 indikator, dengan menekankan pandangan holistik mengenai daya tahan suatu kota. Pilihan yang beragam ini mencakup kota-kota dari Asia-Pasifik, Amerika, Eropa, dan Timur Tengah/Afrika, dengan perspektif global. Indeks tersebut, dibuat melalui penelitian ekstensif dan wawancara para ahli, pengumpulan data dari Mei sampai dengan Agustus 2023.

Tentang Tokio Marine Group

Tokio Marine Group merupakan salah satu grup asuransi terbesar dan tertua di dunia. Didirikan pada tahun 1879, perusahaan ini terdiri dari kumpulan bisnis asuransi terkemuka yang disatukan oleh komitmen bersama untuk melakukan hal yang benar bagi pelanggan dan masyarakat. Perusahaan menawarkan stabilitas di dunia yang penuh risiko, menumbuhkan kepercayaan diri untuk mengeksplorasi peluang baru. Dengan fokus pada daya tahan, Tokio Marine Group berkontribusi dalam membangun perekonomian dan masyarakat yang lebih kuat.

Tentang Economist Impact

Economist Impact menggabungkan ketelitian lembaga pemikir dengan kreativitas merek media, melibatkan khalayak yang berpengaruh secara global melalui wawasan dengan bukti berdasar yang memicu perdebatan, memperluas perspektif, dan mendorong kemajuan. Layanan-layanan tersebut, sebelumnya merupakan bagian dari The Economist Group sebagai entitas terpisah—EIU Thought Leadership, EIU Public Policy, EIU Health Policy, Economist Events, EBrandConnect, dan SignalNoise—yang dibangun berdasarkan perjalanan selama 75 tahun, dan menganalisis 205 negara. Mereka menawarkan desain kerangka kerja, tolok ukur, analisis dampak ekonomi dan sosial, peramalan, penyampaian cerita, keahlian acara, solusi desain, dan produk media terkemuka di pasar, yang secara unik memposisikan Economist Impact dalam memberikan hasil yang terukur kepada kliennya.


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023