Rumah terdampak longsor sudah tidak ada dapur dan kamar mandi, harus diselesaikan secepatnya, agar kalau hujan besar lagi rumah tidak sampai terdampak
Kota Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat, mempersiapkan bantuan hunian sementara (huntara) menggunakan Dana Biaya Tak Terduga (BTT) bagi korban bencana akibat hujan deras disertai petir dan angin kencang dalam dua minggu terakhir ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Syarifah Sofiah di Kota Bogor, Sabtu, mengatakan bantuan huntara bagi korban longsor sedang dalam pendataan pihak BPBD dan Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim).

Syarifah menyampaikan hasil pengecekan di Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah, dan Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat, pada Jumat (1/12) sudah ada warga terdampak longsor beberapa hari lalu yang mendapat bantuan huntara.

"Di Cibogor rumah yang terdampak di bawahnya sudah kami berikan huntara, sementara satu rumah di sampingnya sedang kami lakukan asesmen. Kalau berbahaya kita akan berikan huntara untuk mereka sewa rumah," kata Syarifah.

Baca juga: Hujan deras 3 jam, Bogor dilanda tanah longsor hingga bangunan ambruk

Ia menerangkan bencana longsor yang diakibatkan hujan deras ini memang tidak memakan korban jiwa, namun rumah warga yang terkena longsor mengalami kerusakan.

Longsor yang terjadi di Kelurahan Menteng disebabkan ada bongkahan yang turun ke saluran dan membuat saluran tertutup. Saat ini sudah dilakukan pembersihan oleh BPBD, Disperumkim, dan warga secara manual.

"Rumah terdampak longsor sudah tidak ada dapur dan kamar mandi, harus diselesaikan secepatnya, agar kalau hujan besar lagi rumah tidak sampai terdampak," kata Syarifah.

Syarifah menjelaskan bantuan huntara berupa pemberian uang untuk sewa rumah ini rata-rata diberikan untuk tiga bulan. Setelah tiga bulan jika rumah belum bisa ditempati maka warga akan dipindahkan ke rusunawa.

Baca juga: Reklame roboh saat hujan deras di Bogor, timpa lapak sate dan 2 motor
Baca juga: Menara masjid setinggi 20 meter di Bogor ambruk akibat hujan lebat

 

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023