Seperti yang kita ketahui bahwa Glagaharjo ini termasuk kawasan rawan bencana. Kalau kita mengingat erupsi Merapi 2010, dampak erupsi Merapi luar biasa di Glagaharjo ini
Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kustini Sri Purnomo mengatakan masyarakat perlu untuk mengetahui dan memahami mitigasi bencana untuk meminimalisir dampak yang tidak diinginkan dari kejadian bencana.

"Masyarakat, terutama yang berada di wilayah atau kawasan rawan bencana, perlu mempunyai kesiapsiagaan untuk meminimalisir dari dampak bencana," kata Bupati Sleman Kustini saat mengukuhkan tim Kelurahan Siaga Bencana (KSB) Kumbo Karno, Kelurahan Glagaharjo, Cangkringan, Sabtu.

Pengukuhan KSB Kumbo Karno di Kelurahan Glagarjo, ini sebagai upaya meningkatkan kapasitas dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menanggulangi ancaman bencana, mengingat wilayah Glagaharjo merupakan rawan bencana erupsi Gunung Merapi.

Pengukuhan KSB Glagaharjo yang diinisiasi Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi DIY diawali dengan simulasi penanggulangan bencana erupsi Gunung Merapi yang diperagakan oleh masyarakat Kelurahan Glagaharjo. Kemudian dilanjutkan pengukuhan tim KSB Kumbo Karno Kelurahan Glagaharjo oleh Bupati Sleman.

Baca juga: Boyolali aktifkan Tim Siaga Desa setelah erupsi Merapi

Kustini juga sempat meninjau kesiapan serta keterampilan tim KSB dalam upaya penanggulangan bencana, seperti dapur umum, posko kesehatan, dan posko pengungsian.

Ia mengapresiasi serta mendukung kegiatan simulasi dan pengukuhan KSB tersebut.

Menurut dia, kegiatan itu merupakan wadah bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi dan keterampilan terkait mitigasi bencana di wilayah Kelurahan Glagaharjo.

"Seperti yang kita ketahui bahwa Glagaharjo ini termasuk kawasan rawan bencana. Kalau kita mengingat erupsi Merapi 2010, dampak erupsi Merapi luar biasa di Glagaharjo ini," katanya.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos DIY Sigit Alifianto mengatakan kegiatan tersebut didasari oleh perubahan paradigma penanggulangan bencana dari responsif ke preventif.

Baca juga: Sleman perkuat kapasitas mitigasi tujuh kelurahan di lereng Merapi

Menurut dia, upaya preventif perlu dilakukan demi meminimalisir jatuhnya korban akibat bencana.

"Maka tugas pemerintah adalah mendorong masyarakat untuk memiliki sikap kesiapsiagaan serta mampu mendeteksi dini gejala-gejala yang muncul dari bencana tersebut," katanya.

Ia mengatakan pengukuhan tim KSB Kumbo Karno Glagaharjo ini diikuti 60 personel dari berbagai unsur masyarakat di Kelurahan Glagaharjo. Kegiatan pembentukan tim KSB dimulai dari 30 November 2023 dan berakhir pada 2 Desember 2023.

Adapun lumbung sosial yang diserahkan kepada Kelurahan Glagaharjo adalah senilai Rp182 juta, yang terdiri dari bahan makanan, pakaian, peralatan mitigasi bencana, serta dapur umum.

"Pembentukan KSB Kelurahan Glagaharjo ini merupakan yang ke-66 di DIY sejak 2010 dan ke-24 di Kabupaten Sleman," kata Sigit Alifianto.

Baca juga: Komunitas omah sambung siapkan mitigasi bencana di kawasan merapi
 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023