LPI memotret persepsi publik terhadap isu perburuhan dan ketenagakerjaan, mengingat situasi terkini ada desakan kuat dari elemen buruh terhadap kenaikan upah serta isu-isu lain yang melingkupinya
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) merilis hasil survei terkini terkait calon presiden dan wakil presiden yang peduli isu perburuhan dan ketenagakerjaan.

"LPI memotret persepsi publik terhadap isu perburuhan dan ketenagakerjaan, mengingat situasi terkini ada desakan kuat dari elemen buruh terhadap kenaikan upah serta isu-isu lain yang melingkupinya," kata Wakil Direktur LPI Ali Ramadhan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Hasil survei LPI menunjukkan isu pasangan yang dapat sejahterakan buruh, Ganjar-Mahfud Md mendapatkan 69,25 persen, Anies-Muhaimin sebesar 12,75 persen dan Prabowo-Gibran sebesar 9,74 persen, serta tidak tahu 8,25 persen.

Sementara, pasangan paling peduli terkait isu buruh yakni Ganjar-Mahfud Md mendapatkan 68 persen, Anies-Muhaimin sebesar 12,50 persen dan Prabowo-Gibran sebesar 10,75 persen, serta tidak tahu 8,75 persen.

Baca juga: Survei LPI: Elektabilitas Ganjar-Mahfud unggul usai putusan MKMK

Baca juga: Pengamat sebut Ganjar punya karakter mirip Presiden Jokowi


Selanjutnya, pasangan yang bisa wujudkan kedaulatan pangan yakni Ganjar-Mahfud Md mendapatkan 67,5 persen, Anies-Muhaimin sebesar 11 persen dan Prabowo-Gibran sebesar 12,25 persen, serta tidak tahu 9,25 persen.

Dia menjelaskan alasan yang menyebabkan pasangan Ganjar-Mahfud unggul di isu perburuhan (ketenagakerjaan) yakni rekam jejak, serta kemauan dari pasangan itu dalam mengakomodasi aspirasi kaum buruh.

"Komitmen untuk melakukan kebijakan afirmatif yang melindungi kaum buruh, tetapi juga tidak merugikan pelaku usaha. Dan suara mayor kaum buruh, juga menghendaki revisi UU Ciptaker," jelas Ali.

Menurut dia, survei ini tentu saja masih sangat dinamis dan publik akan terus mencermati berbagai aspek dari setiap kontestan Pilpres 2024.

"Tawaran kongkrit, rasional yang akan diajukan oleh setiap pasangan calon untuk meraih dukungan maksimal dari publik yang salah satunya dijabarkan melalui visi, misi, agenda kerja untuk mengatasi berbagai persoalan dan tantangan Indonesia masa depan," jelasnya.

Survei LPI ini digelar mulai 22- 27 November 2023. Survei ini dilakukan 18 provinsi terhadap 1.700 responden yang merupakan pekerja atau buruh berumur 17 tahun atau sudah menikah. Survei menggunakan metode multistage random sampling, dengan margin of error plus minus 2,53 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fauzi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023