Padang (ANTARA) - Aparat kepolisian berhasil menggagalkan tawuran yang hendak dilakukan oleh  puluhan remaja di Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) pada Minggu (3/12) sekitar pukul 03.30 WIB.

Para pelaku tawuran berhasil dicegat oleh petugas ketika mereka tengah berkumpul di kawasan Jati Adabiah, Kecamatan Padang Timur kota setempat.

"Masyarakat menginformasikan kepada kami ada segerombolan anak muda yang berkendara membawa senjata tajam di kawasan Jati Adabiah, kami langsung ke lokasi untuk menindaklanjuti," kata Pejabat Sementara Kepala Seksi Humas Polresta Padang Ipda Yanti Delfina di Padang, Minggu pagi.

Ia mengatakan personel yang datang ke lokasi adalah petugas gabungan dari Polresta Padang, Tim Klewang Satreskrim, Tim Puma Polsek Padang Timur, dan personel dari Polda Sumbar.

Ia mengatakan saat sampai di kawasan yang dilaporkan, personel mendapati puluhan remaja yang tengah berkumpul-kumpul di dekat rel dimana sebagian memegang senjata tajam.

Gerombolan anak muda tersebut langsung bubar kocar-kacir ketika menyadari kedatangan petugas, bahkan puluhan unit sepeda motor ditinggalkan begitu saja di lokasi.

"Kami langsung melakukan pengejaran, hasilnya belasan pelaku berhasil diamankan. Ada yang bersembunyi di rumah-rumah warga, bahkan sampai memanjat atap," jelasnya.

Dari lokasi petugas juga mengamankan belasan senjata tajam yang dibuang pelaku saat mencoba kabur, di antaranya adalah jenis parang, celurit, klewang, dan lainnya.

Yanti mengatakan belasan anak muda berserta dua puluh unit lebih sepeda motor itu langsung dibawa ke Kantor Polresta Padang untuk diproses lebih lanjut.

Kepala Unit Operasional Satreskrim Polresta Padang Ipda Afriandi mengatakan terhadap para pelaku akan diproses lebih lanjut dan dimintai keterangan, bagi yang terbukti melakukan tindak pidana maka akan diproses secara hukum.

"Sesuai instruksi dari Kapolresta Padang kami akan mengambil sikap tegas terhadap pelaku tawuran itu, karena sudah sangat meresahkan masyarakat," katanya.

Polresta Padang tetap mengimbau kepada para orang tua agar mengawasi anak masing-masing, jangan dibiarkan keluyuran pada malam hari. 

Pewarta: Rahmatul Laila
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2023