Kami sudah siapkan rekayasa lalu lintas yang sifatnya situasional di lapangan
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 2.627 personel pengamanan gabungan menjaga pertandingan Persija Jakarta melawan 
Persita Tangerang pada pekan ke-21 Liga 1 Indonesia 2023/2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, pada Minggu pukul 19.00 WIB.
 
"Personel pengamanan yang diterjunkan 2.627 personel dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Satpol PP, Dishub dan pemadam kebakaran," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro saat dikonfirmasi di Jakarta.
 
Pengamanan tersebut terbagi menjadi tiga zona, yakni di area luar stadion, area "ring road", dan area di dalam stadion. Susatyo telah memerintahkan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan pertandingan sepak bola tersebut agar melaksanakan tugas secara persuasif, humanis dan profesional.

Baca juga: Persija teruskan tren kemenangan dengan pukul Persikabo 1973 4-0
 
Selain itu, polisi juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar GBK untuk mengantisipasi adanya kemacetan. Namun rekayasa lalu lintas tersebut bersifat situasional.
 
"Kami sudah siapkan rekayasa lalu lintas yang sifatnya situasional di lapangan," kata Susatyo.
 
Susatyo mengimbau kepada para pendukung atau suporter yang menonton pertandingan itu untuk mematuhi aturan yang berlaku. Penonton atau pendukung tidak boleh membawa barang-barang terlarang ke dalam stadion seperti senjata tajam, minuman keras (miras), narkoba dan lain sebagainya.
 
Penonton juga diharapkan bisa menjaga keamanan dan ketertiban sehingga pertandingan sepak bola tersebut bisa berjalan aman dan tertib.
 
Sebelumnya, Pelatih Persita Tangerang Divaldo Alves mengatakan, pihaknya mengesampingkan rekor pertemuan timnya dengan Persija Jakarta ketika kedua tim bertemu pada pekan ke-21 Liga 1 Indonesia.

Baca juga: Persita Tangerang jauhi zona degradasi seusai tekuk Rans Nusantara 3-0
 
Sedangkan Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll mengatakan senang timnya bisa kembali berlaga di GBK ketika menjamu Persita Tangerang pada pekan ke-21 Liga 1 Indonesia.
 
Doll menjelaskan, anak-anak asuhnya menyambut baik Persija Jakarta bisa kembali berlaga di GBK.
 
Saat ini Persija Jakarta menempati posisi kesembilan klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan 27 poin dari 20 pertandingan. Sedangkan Persita Tangerang berada di peringkat ke-15 dengan 22 poin.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023