Jakarta (ANTARA) - Peristiwa penting dan menarik terjadi di Jakarta, Minggu (3/12), mulai dari Dinas Kesehatan DKI memberikan vaksinasi cacar monyet (monkeypox/mpox) dosis kedua hingga BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah.
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca kembali.
 
1. Dinkes DKI berikan vaksinasi cacar monyet dosis 2 kepada 411 orang
 
Dinas Kesehatan DKI Jakarta telah memberikan vaksinasi cacar monyet (monkeypox/mpox) dosis kedua kepada 411 orang yang mendapatkan vaksinasi dosis pertama.
 
"Sudah ada 411 orang yang selesai divaksin mpox dosis 2," kata Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ngabila Salama saat dikonfirmasi di Jakarta, Ahad.
 
Baca berita selengkapnya di sini
 
2. Dinkes DKI tingkatkan sistem pelaporan kasus ISPA dan pneumonia
 
Dinas Kesehatan DKI Jakarta terus memantau dan meningkatkan sistem pelaporan individu setiap waktu (real time) untuk mengantisipasi kasus ISPA dan pneumonia pada anak dan orang dewasa di Jakarta
 
"Pemantauan tersebut dilakukan di seluruh Puskesmas dan 194 rumah sakit untuk memantau kondisi dan mendeteksi penyakit-penyakit baru dengan pemeriksaan laboratorium," kata Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ngabila Salama saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.
 
Baca berita selengkapnya di sini
 
3. PLN buka 17 posko untuk percepat pelayanan kelistrikan saat banjir
 
PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya membuka 17 posko siaga untuk mempercepat pelayanan kelistrikan kepada masyarakat saat terjadi banjir.
 
"Posko siaga kami tersebar di 17 lokasi kantor Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan dan Unit Pengatur Distribusi," kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Lasiran saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.
 
Baca berita selengkapnya di sini
 
4. BPBD DKI kerahkan personel untuk monitor kondisi genangan
 
BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah sekaligus berkoordinasi dengan Dinas Sumber Daya Air, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat, camat, dan lurah untuk mengatasinya.
 
"Kami berkoordinasi untuk dilakukan penyedotan serta memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik sehingga genangan cepat surut," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.
 
Baca berita selengkapnya di sini
 
5. Ketua DPRD desak DKI maksimalkan anggaran terkait penanganan banjir
 
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mendesak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memaksimalkan APBD 2024 terkait penanganan banjir yang terjadi di wilayahnya.
 
"Dana buat banjir sudah diperbesar. Saya minta pinggiran-pinggiran kali diperlebar serta bangun rumah susun lagi," kata Prasetyo saat ditemui di kawasan Sentul, Bogor, Minggu.
 
Baca berita selengkapnya di sini

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023