Guangzhou (ANTARA) - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-5 Media Dunia atau World Media Summit (WMS) dibuka pada Minggu pagi (3/12) di Guangzhou, Provinsi Guangdong, China.

Dengan mengusung tema "Meningkatkan Kepercayaan Global, Mempromosikan Perkembangan Media", ajang WMS kelima itu mengumpulkan lebih dari 450 peserta dari 101 negara dan kawasan, termasuk perwakilan dari 197 outlet media arus utama, wadah pemikir, lembaga pemerintah, misi diplomatik ke China, serta badan-badan PBB dan organisasi internasional.

Wakil Kepala Eksekutif Departemen Publisitas Komite Sentral Partai Komunis China (CPC) Hu Heping mengatakan dalam sambutannya bahwa WMS kelima merupakan acara besar bagi lingkaran media global.

Hu menyerukan agar media untuk tetap tidak memihak, mendorong pembelajaran bersama antar peradaban, serta memperdalam kerja sama pragmatis untuk menyumbangkan kebijaksanaan dan kekuatan mereka dalam membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia dan membangun dunia yang lebih baik.

Executive Chairman WMS sekaligus Presiden Kantor Berita Xinhua Fu Hua juga menyerukan kepada media untuk membangun konsensus dan meningkatkan kepercayaan dalam pembangunan, menjunjung objektivitas dan kebenaran untuk meningkatkan kredibilitas media, serta memperdalam pertukaran dan kolaborasi untuk berkontribusi dalam membangun sebuah dunia yang terbuka, inklusif, bersih, dan indah yang menikmati perdamaian abadi, keamanan universal, dan kemakmuran bersama.

Sementara itu, Undersecretary-General Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Melissa Flemin dan para tamu lainnya juga menyampaikan pidato pada upacara tersebut.

Mereka sepakat bahwa ketika umat manusia menghadapi banyak tantangan global, maka dengan memperdalam komunikasi dan memperkuat kerja sama dapat meningkatkan kepercayaan dan membangun masa depan bersama.

Sebuah dokumen berjudul "Pernyataan Bersama untuk KTT Media Dunia kelima" juga dirilis pada upacara pembukaan dan sidang pleno tersebut.

Dalam KTT tersebut, para peserta berdiskusi mengenai pembangunan manusia dan keamanan, peluang dan tantangan teknologi baru, media dan pasar di era baru, serta berbagai topik lain yang menjadi perhatian bersama.

Mereka juga akan mengunjungi sejumlah tempat di Provinsi Guangdong dan Provinsi Yunnan serta mengadakan pertukaran.

Acara itu, yang diselenggarakan bersama oleh Kantor Berita Xinhua dan Pemerintah Provinsi Guangdong dan Provinsi Yunnan mulai Sabtu (2/12) hingga Jumat (8/12) di Kota Guangzhou dan Kota Kunming.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023