Changsha (ANTARA) - Cagar Alam Nasional Danau Dongting Timur di Provinsi Hunan, China tengah, tahun ini telah mencatatkan lebih dari 93.000 burung migran hingga akhir November sehingga terjadi peningkatan populasi yang tajam sebesar 27.000 dari periode yang sama tahun lalu, demikian menurut biro administrasi tempat tersebut.

Danau Dongting, yang terletak di Provinsi Hunan, China tengah, adalah danau air tawar terbesar kedua di negara tersebut.

Sebagai salah satu habitat penting bagi burung yang bermigrasi di sepanjang rute Asia Timur-Australasia, wilayah timur Danau Dongting telah memasuki musim puncaknya untuk burung yang menghabiskan musim dingin (wintering) di kawasan tersebut, kata biro itu.

Cagar alam tersebut terus memulihkan kondisi lebih dari 1.500 hektare lahan basah untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi burung-burung migran.

Patroli dan pemantauan harian juga telah diperkuat, dan upaya publisitas ekstensif telah dilakukan untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya melindungi burung migran, kata Gao Dali, wakil kepala biro administrasi cagar alam itu.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023