Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar, Sulawesi Selatan telah mencatat sebanyak 70 persen alumni diserap oleh industri parekraf dan 30 persen lainnya berhasil membuka peluang usaha di sektor parekraf.
 
Menurutnya persentase ini dinilai mampu mengurangi angka pengangguran di Indonesia, sehingga para alumni Poltekpar Makassar patut dirangkul untuk menghadirkan peluang usaha dan lapangan kerja di sektor parekraf di tanah air.
 
"Ini menunjukkan bahwa Poltekpar Makassar mampu menciptakan talenta-talenta terbaik dan mereka semua memiliki komitmen untuk tidak lupa dengan almamater. Kita harapkan silaturahmi ini akan berlanjut sehingga akan menginspirasi terciptanya lapangan kerja," kata Sandiaga dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.
 
Selain itu, keberhasilan yang diperoleh para alumni Poltekpar Makassar serta kepedulian alumni terhadap almamater ini juga menjadi cerminan kesuksesan dari suatu institusi pendidikan.
 
Sehingga, Menparekraf pun menitipkan pesan kepada Poltekpar Makassar agar bisa mencetak lulusan yang mampu berkontribusi dalam pengembangan pariwisata hijau yang berkualitas dan berkelanjutan lingkungan di Indonesia.
 
"Saya ingatkan Poltekpar Makassar untuk terus berkontribusi (bagi sektor parekraf), baik kontribusi langsung maupun moril dan materiil. Mari kita kawal agar pengalaman mengecap pendidikan di Poltekpar Makassar bisa kita bagikan untuk generasi yang akan datang," katanya.
 
Direktur Poltekpar Makassar Herry Rachmat Widjaja, menambahkan kegiatan temu alumni Poltekpar Makassar ini merupakan rangkaian awal dari "Road to Temu Alumni Poltekpar Nasional" yang akan dilaksanakan pada Januari 2024. Selain itu, pertemuan ini juga memegang peran penting bagi kemajuan Poltekpar Makassar.
 
"Kami dekatkan ikatan alumni dengan Kampus Poltekpar agar bisa bahu-membahu membangun Poltekpar Makassar dan ini adalah roadshow perdana juga," tutur Herry.
 
Acara ini juga diisi dengan talkshow "Alumni Bicara Success Story" yang menghadirkan para alumni Poltekpar Makassar dari berbagai latar belakang pekerjaan di sektor parekraf.
 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023