Batang (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah Kalisari Kabupaten Batang, Jawa Tengah, memastikan telah menyiapkan ruangan khusus layanan kesehatan kejiwaan bagi para calon legislator yang gagal terpilih pada Pemilu 2024.

Direktur RSUD Kalisari Mochamad Ali Balki di Batang, Senin, mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan tenaga medis maupun sarana dan prasarana untuk memfasilitasi para calon legislator apabila mengalami gangguan jiwa karena gagal terpilih di Pemilu 2024.

"Berdasar catatan pemilu sebelumnya, ruang khusus fasilitas layanan kesehatan kejiwaan memang belum pernah dimanfaatkan oleh para caleg gagal. Akan tetapi, yang jelas saat ini kami sudah menyiapkan ruangan khusus tersebut," katanya.

Ia yang didampingi Kepala Bidang Keperawatan Samuri mengatakan pada tahap awal telah disiapkan Poli Jiwa dan psikologi bagi caleg yang ingin berkonsultasi seputar masalah kejiwaan.

RSUD, kata dia, juga telah menyiapkan dokter psikiatri untuk membantu terapi para caleg apabila ada yang mengalami depresi.

Baca juga: RSUD Otista Bandung siapkan 10 ruang khusus caleg gagal Pemilu 2024

Baca juga: RSJ Lampung sebut tak ada layanan khusus bagi caleg gagal


"Namun demikian, kami berharap tidak ada calon legislator yang mengalami depresi akibat gagal terpilih pemilu. Kami yakin mereka sudah siap menghadapi persoalan setelah pemilu," katanya.

Menurut dia, apabila membutuhkan perawatan lebih lanjut maka pihaknya telah menyiapkan tiga ruangan yaitu Ruang Kenanga, Teratai, dan Mawar dengan kapasitas 20 tempat tidur.

Namun demikian, kata dia, saat ini ruangan layanan khusus tersebut masih dimanfaatkan untuk fasilitas layanan kesehatan umum.

"Apabila nantinya ada calon legislator yang terbukti mengalami gangguan kejiwaan atau depresi maka kita akan merujuk yang bersangkutan untuk dibawa ke rumah sakit jiwa seperti RSJ Semarang maupun Magelang," katanya.

Baca juga: RSUD Tangerang sediakan layanan konsultasi jiwa caleg gagal

Baca juga: RSUD Sayang Cianjur sediakan ruangan khusus caleg gagal

Pewarta: Kutnadi
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2023