masyarakat yang telah melakukan pendaftaran online agar melakukan verifikasi di kantor pusat Kemenhub dan GOR Bulungan Blok M untuk wilayah Jakarta, serta Terminal Pondok Cabe untuk wilayah Tangerang Selatan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) menyelenggarakan mudik gratis bagi pengguna sepeda motor untuk mengantisipasi meningkatnya pergerakan pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Untuk itu sesuai arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, maka kami akan menyelenggarakan mudik gratis di libur Nataru ini," kata Direktur Angkutan Jalan Kemenhub Suharto di Jakarta, Senin.

Ia menyampaikan, mudik gratis yang bertujuan untuk meningkatkan keselamatan dan kelancaran selama libur Nataru dapat diakses secara daring (online) melalui aplikasi Mitra Darat mulai tanggal 5 – 20 Desember 2023.

Berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub (Baketrans) prediksi masyarakat yang akan bepergian mencapai 107,63 juta atau 39,83 persen dari total populasi nasional.

Dari jumlah tersebut mayoritas akan menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor.

Dalam rapat rencana operasi Mudik Gratis Nataru, Suharto mengatakan bahwa hasil survei tersebut diperoleh angka bahwa 35,57 persen atau 39,97 juta pergerakan masyarakat akan menggunakan mobil dan 17,92 persen atau 20,14 juta mengendarai sepeda motor.

Pada rencana penyelenggaraan Mudik Gratis Nataru ini, Ditjen Perhubungan Darat menyediakan kuota 90 unit bus AKAP dan pariwisata dengan total 3.600 penumpang. Untuk kendaraan sepeda motor disiapkan untuk 120 unit dengan empat truk.

Ia mengatakan, bagi yang belum memiliki aplikasi Mitra Darat untuk melakukan pendaftaran, dapat mengunduh di Play Store atau App Store dengan versi terbaru yakni 2.3.1 untuk iOS dan versi 1.1.8 untuk Android.

Selanjutnya melakukan pendaftaran sesuai langkah-langkah yang diarahkan dari aplikasi Mitra Darat.

"Kemudian, masyarakat yang telah melakukan pendaftaran online agar melakukan verifikasi di kantor pusat Kemenhub dan GOR Bulungan Blok M untuk wilayah Jakarta, serta Terminal Pondok Cabe untuk wilayah Tangerang Selatan," ujarnya.

Untuk memastikan kelayakan bus dan truk sebagai armada Mudik Gratis Nataru juga akan dilaksanakan ramp check pada 18-20 Desember 2023.

Suharto menambahkan, untuk keberangkatan sepeda motor dengan truk rencananya dilakukan pada Jumat, 22 Desember dari Terminal Tipe A Pondok Cabe dan pelepasan Mudik Gratis bagi penumpang pada Sabtu, 23 Desember 2023 dari Terminal Kampung Rambutan DKI Jakarta dan Terminal Terpadu Pulo Gebang.

Adapun kota tujuan dengan masing-masing unit berkapasitas 40 orang, yang disiapkan adalah:

1. Jakarta-Solo
2. Jakarta-Yogyakarta
3. Jakarta-Surabaya
4. Jakarta-Wonosobo
5. Jakarta-Semarang
6. Jakarta-Wonogiri
7. Jakarta-Cilacap
8. Jakarta-Putwokerto
9. Jakarta-Malang
10. Jakarta-Kediri
11. Jakarta-Madiun
12. Bus Disabilitas

untuk sepeda motor 2 kota tujuan sebagai berikut:
1. Jakarta-Solo
2. Jakarta-Yogyakarta

"63 bus akan diberangkatkan dari Terminal Pulo Gebang (2.520 penumpang) dan Terminal Kampung Rambutan 27 bus (1.080 penumpang)," katanya.


Baca juga: Kemenhub imbau masyarakat hindari puncak mudik pada libur Nataru
Baca juga: BPS: Mudik berkontribusi 1,5 persen terhadap pertumbuhan ekonomi RI
Baca juga: Pelni Ambon usulkan penambahan dua kapal layani arus mudik saat Natal

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023