Saya minta para pemerintah daerah bisa membantu subsidi ongkos transportasinya dari dana yang tidak terduga.
Surabaya (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meminta seluruh pemerintah daerah (pemda) mempersiapkan dana subsidi ongkos kirim sebagai langkah mengatasi persoalan kenaikan harga cabai jelang momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Saya minta para pemerintah daerah bisa membantu subsidi ongkos transportasinya dari dana yang tidak terduga, sehingga harga bisa turun," kata Zulhas sapaan akrab Zulkifli Hasan, saat meninjau perkembangan harga bahan pangan di Pasar Genteng Surabaya, Jawa Timur, Senin.

Menurut Zulhas, kenaikan harga bahan pangan, termasuk komoditas cabai rawit dan cabai merah salah satu faktornya dipengaruhi persoalan biaya transportasi atau pengiriman.

Apalagi dalam waktu dekat juga sudah memasuki momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. "Cabai sek (masih) mahal, Desember agak mahal," ujarnya pula.

Jika tak ada solusi penanggulangan, Zulhas khawatir harga cabai bisa terus merangkak naik dan berdampak pada tingkat inflasi di daerah. "Karena juga akan mempengaruhi inflasi," ujarnya lagi.

Salah seorang pedagang di Pasar Genteng, Muhammad Haris menyebut jika sebelumnya harga cabai rawit dan cabai besar punya gap harga Rp20 ribu per kilogram, maka saat ini harga kedua komoditas berada di angka sama.

"Cabai kecil atau rawit itu dan yang merah besar sekarang Rp100 ribu. Sebelumnya rawit Rp80 ribu, kalau cabai merah Rp60 ribu," ujarnya lagi.

Kenaikan harga disebutnya sudah terjadi sejak minggu lalu, karena dipengaruhi kurangnya pasokan daerah penghasil. "Biasanya datang satu ton, sekarang datang 500 kuintal," kata dia pula.

Haris menyebut lonjakan harga berdampak pada turunnya jumlah pembelian dari masyarakat. "Biasanya setengah kilogram sekarang jadi seperempat," ujar Haris.

Sedangkan untuk harga komoditas lainnya, seperti bawang merah dan bawah putih masih dalam kondisi stabil.

"Per kilogramnya, bawang merah Rp30 ribu-Rp40 ribu, sedangkan bawang putih stabil Rp38 ribu," ujar dia pula.
Baca juga: Mendag: Kenaikan harga cabai akan diatasi karena pengaruhi inflasi
Baca juga: Mendagri Tito minta pemda awasi kenaikan harga cabai merah

Pewarta: Willi Irawan/Ananto Pradana
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023