Surabaya (ANTARA) - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau Zulhas menyatakan partainya mengusung nama Khofifah Indar Parawansa untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2024.

Hal itu disampaikan Zulhas  saat membuka acara konsolidasi yang diikuti oleh seluruh calon legislatif PAN se-Jawa Timur di Surabaya, Senin sore.

"Saya hadir di Jawa Timur, berpesan agar Ibu Khofifah hadir karena ingin mengumumkan calon gubernur dari PAN mendatang dan sudah saya bawa rekomendasinya, itu adalah Ibu Khofifah," kata Zulhas dalam pidatonya.

Bahkan, pada kesempatan itu Zulhas juga secara langsung menyerahkan surat rekomendasi kepada Khofifah.

Zulhas menjelaskan alasan diberikannya rekomendasi itu karena melihat sepak terjang Khofifah selama memimpin Jawa Timur.

"Alhamdullillah ibu diberikan amanah memimpin dan Jawa Timur tambah maju," ucapnya.

Dia pun optimistis Khofifah bisa memenangkan konstelasi Pilkada Jawa Timur 2024, sehingga bisa melanjutkan kinerja pembangunan di wilayah setempat.

"Bu Khofifah insya Allah menang lagi," ujar menteri perdagangan tersebut.

Pantauan ANTARA di lokasi, pengumuman rekomendasi itu disambut riuh tepuk tangan dari seluruh kader PAN yang hadir pada acara konsolidasi tersebut.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengaku terkejut dengan keputusan PAN mengusung dirinya untuk terjun pada Pilkada tahun depan.

Sebab, saat menerima undangan untuk menghadiri agenda tersebut, dia sama sekali tak menerima informasi soal rekomendasi itu, posisinya hadir pun hanya sebatas tamu undangan.

"Saya surprise karena tidak ada info sebelumnya soal penyerahan rekomendasi untuk pemilihan gubernur," kata dia saat hendak meninggalkan lokasi acara.

Dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran PAN lantaran sudah memberikan kepercayaan dan dukungan penuh.

"Tentu terima kasih dan apresiasi kepada PAN yang sudah mengawali pemberian dukungan untuk tahun depan," ucapnya.

Baca juga: Survei: Elektabilitas PAN diprediksi lolos ambang batas parlemen
Baca juga: PAN: Menteri cuti ikut kampanye tergantung izin presiden
Baca juga: Gubernur Khofifah dorong kemandirian usaha siswa SMA/SMK

Pewarta: Abdul Hakim/Ananto Pradana
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023