Batam (ANTARA) - TNI Angkatan Laut meluncurkan dua kapal patroli yaitu Kapal Angkatan Laut (KAL) Sembulungan dan Hinako yang merupakan buatan dalam negeri.

Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Muhammad Ali dalam keterangan yang diterima di Batam, Senin mengatakan kedua kapal patroli tersebut akan memperkuat pertahanan di pangkalan angkatan laut (Lanal) Banyuwangi dan Pulau Nias.

"Kapal yang akan diberi nama Sembulungan dan Hinako ini merupakan KAL 28 M merupakan bagian integral dari pembangunan kekuatan TNI AL. Salah satunya perencanaan strategis yang siap menjaga keamanan dan melaksanakan penegakan hukum di laut," kata dia.

Laksamana TNI Ali menambahkan masing-masing KAL akan ditugaskan 15 personel yang disenjatai tiga meriam guna memenuhi berbagai misi pertahanan dan penyelamatan di laut.

"KAL 28 M ini memiliki beberapa keunggulan yaitu diperkuat dengan satu unit meriam 20 mm dan dua unit meriam 12,7 mm serta mampu beroperasi di berbagai medan dan cuaca," kata dia.

Selain itu, dengan kecepatan 28 knots dan kelincahan yang dimiliki KAL 28 M ini mampu memenuhi berbagai misi operasi baik infiltrasi, eksfiltrasi maupun misi SAR secara sangat baik.

Ia menyampaikan KAL 28 M adalah salah satu jenis kapal perang karya putra putri bangsa yang dibangun di salah satu perusahaan galangan kapal dengan masa pembangunan selama 16 bulan terhitung ditandatanganinya kontrak tanggal 27 September 2022.

Kata Laksamana TNI Ali, TNI AL berkomitmen untuk melaksanakan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), serta mengurangi produk impor.

"Langkah ini diambil guna mendukung pemerintah dalam meningkatkan perekonomian, sekaligus sebagai wujud kemandirian bangsa dalam pemenuhan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) dan meningkatkan peran Indonesia dalam rantai suplai global," ujar dia.

Baca juga: Lanal Babel kembangkan KBN bantu pemerintah jaga ketahanan pangan
Baca juga: KRI dr Radjiman pastikan siap berlayar lintas samudera mendekati Gaza

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023