Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan terdapat sejumlah langkah strategis yang dapat dilakukan untuk mengembangkan wakaf yang lebih produktif dan mendukung pemberdayaan masyarakat.

“Pertama, dorong transformasi pengembangan wakaf ke arah wakaf sebagai pilar pertumbuhan dan ketahanan ekonomi nasional,” papar Wapres dalam sambutannya di acara Rapat Koordinasi Nasional Badan Wakaf Indonesia (Rakornas BWI), di Jakarta, Senin.

Wapres menekankan pentingnya membentuk ekosistem perwakafan nasional yang kian sehat, profesional, dan akuntabel untuk semakin meningkatkan kepercayaan wakif dan masyarakat luas.

Wapres mendorong Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) agar terus bersinergi dengan Kementerian Agama, BWI, dan seluruh pemangku kepentingan, terutama agar Peta Jalan Wakaf Nasional 2024–2029 dapat diadopsi sebagai rujukan dan ditindaklanjuti dengan program quick wins untuk jangka pendek hingga menengah.

“Saya minta KDEKS yang telah terbentuk di 24 provinsi agar dilibatkan dalam sinergi dengan BWI Provinsi dan Kanwil Kementerian Agama, sehingga proses ini dapat terakselerasi dan lebih masif. Begitu pula sinergi dengan penegak hukum dalam penyelesaian sengketa hukum perwakafan perlu ditingkatkan,” ujarnya.

Selanjutnya langkah kedua, Wapres meminta Menteri Agama untuk memprakarsai revisi Undang-Undang Wakaf guna mendukung terwujudnya transformasi perwakafan nasional.

“Penguatan dan harmonisasi regulasi wakaf nasional juga teramat penting guna mendukung pembangunan ekosistem digital wakaf yang solid dan mengoptimalkan sinergi pemberdayaan wakaf antarlembaga,” ujarnya.

Ketiga, Wapres meminta agar penghimpunan wakaf uang, termasuk investasi sosial melalui sukuk wakaf yang turut bermanfaat untuk membiayai program sosial dan pemberdayaan masyarakat, diintensifkan dan diekstensifkan.

Menurut Wapres, penghimpunan wakaf uang dapat menyasar sektor-sektor potensial, seperti kementerian/lembaga, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), pemerintah daerah, dan perguruan tinggi.

“Di samping itu, giatkan upaya peningkatan kompetensi pengelola wakaf dan masifkan peningkatan literasi masyarakat luas, dengan melibatkan semua unsur pemangku kepentingan,” ujar Wapres.

Menutup arahannya, Wapres berharap forum tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mendiskusikan terobosan-terobosan demi pengelolaan wakaf yang modern dan produktif.

“Semoga Rapat Koordinasi Nasional Badan Wakaf Indonesia ini menghasilkan rekomendasi pengelolaan wakaf serta penguatan ekosistem wakaf yang lebih profesional dan modern, serta semakin berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Ketua Badan Pelaksana BWI Mohammad Nuh mengingatkan tantangan BWI ke depan. Salah satu tantangan yang diungkapkannya adalah mengejar ketertinggalan, tidak hanya jumlah aset wakaf, tetapi juga aspek kelembagaan dan inovasi instrumen wakaf.

Di samping itu, masih ada pekerjaan rumah untuk melanjutkan proses sertifikasi terhadap 204.001 tanah wakaf belum tersertifikasi.

"Berlanjutnya proses sertifikasi kompetensi nadzir dan stakeholders perwakafan, dan Amandemen Undang-Undang Wakaf guna mengakomodir aspek digitalisasi, pemberdayaan wakaf, serta fondasi kelembagaan BWI pusat dan BWI daerah, ini juga menjadi tantangan," ujar M. Nuh.

Dalam kesempatan ini, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika dan Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi.

Baca juga: Wapres: Indonesia ingin ada komite ekonomi syariah tingkat global
Baca juga: BWI ajak peserta Mukernas Wahdah di Makassar jadikan wakaf gaya hidup
Baca juga: BWI dorong PTN berkontribusi pada wakaf untuk kemajuan pendidikan

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023