akarta sedang meningkatkan inovasi solusi permasalahan urban
Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bertemu dengan Gubernur Tokyo Yuriko Koike membahas sinergi menghadapi perubahan iklim, terutama dalam kerangka kerja sama sister city Jakarta-Tokyo sejak 1989.
 
"Jakarta sedang meningkatkan inovasi solusi permasalahan urban, meningkatkan kualitas pelayanan publik, dan membangun pemerintahan yang semakin transparan. Selaras dengan hal tersebut, Jakarta terus mengembangkan kerja sama dengan berbagai kota global dunia, salah satunya Tokyo," kata Heru saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.
 
Kedua belah pihak berdiskusi mengenai pengalaman dan kebijakan yang berkomitmen untuk mengatasi tantangan urban dan perubahan iklim sebagai upaya bersama menciptakan solusi yang inovatif. Pertemuan ini sekaligus membahas program kerja sama lanjutan antara dua kota pada 2024 mendatang.
 
Dalam pertemuan tersebut, Heru juga mengatakan Jakarta telah ditunjuk menjadi tuan rumah "Crisis Management Conference 2024". Hal ini merupakan suatu kehormatan bagi kota Jakarta.
 
Acara ini, kata Heru juga menjadi forum untuk bertukar pengalaman berkenaan dengan kebijakan dan praktik-praktik penanganan bencana, yang diinisiasi Tokyo.
 
"Jakarta merasa sangat terhormat menjadi tuan rumah, dan berkomitmen agar konferensi internasional tersebut berdampak positif bagi kota-kota dalam penanganan bencana," ujar Heru.
 
Adapun Jakarta dan Tokyo telah melaksanakan kerja sama sister city sejak 1989. Bidang-bidang yang dilaksanakan pada awal kerja sama antara lain kunjungan delegasi pemerintah, olahraga dan kepemudaan, kunjungan tenaga teknis, dan kunjungan delegasi pelatihan kejuruan.
 
Dalam perkembangannya, kerja sama kedua kota bertumbuh dan mencakup bidang kebudayaan, kepemudaan dan olahraga, kesehatan, kelestarian lingkungan, dan pengendalian bencana.
 
Sebelumnya, Heru dan Wali Kota Melbourne Sally Capp juga berdiskusi mengenai penanganan banjir hingga perubahan iklim dalam pertemuan bilateral untuk menjajaki rencana kerja sama.
 
"Ditemukan fakta bahwa Melbourne dan Jakarta menghadapi tantangan yang serupa, seperti banjir, kenaikan permukaan air laut dan perubahan iklim," kata Heru saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (4/12).
 
Heru menjelaskan kedua pihak menyampaikan berbagai upaya yang dilakukan dalam menghadapi tantangan seperti pembangunan urban berkelanjutan, aksi mitigasi perubahan iklim, pertukaran magang bagi para pegawai pelayan publik dan penjajakan hubungan antar kota bersaudara (sister city).
Baca juga: Heru minta peralatan kebencanaan disiapkan hadapi puncak musim hujan
Baca juga: DKI kerahkan 240 alat berat untuk keruk lumpur di sejumlah sungai
Baca juga: Heru: pemecah rekor marathon di BTN Jakarta Run 2023 akan dapat rumah

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023