Muscat, Oman (ANTARA/PRNewswire)- Pada 20-22 November, Huawei melansir sederet solusi bandara pintar (smart airport) terbaru di 1st Airports Innovate event held by Airports Council International (ACI) yang berlangsung di Muscat, Oman. Solusi ini terdiri atas "Fully Connected Fiber Network" dan "Perimeter Security with Fiber Sensing".

Sebagai sentra transportasi penting di berbagai kota dan wilayah, bandara berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi regional. Membahas tren digitalisasi dan teknologi pintar bandara, Lei Xinghua, Vice President, Enterprise Optical Network Domain, Huawei, menyampaikan paparan berjudul "F5G All Optical Solutions Enable Smart Airports" (Solusi F5G All Optical Memfasilitasi Bandara Pintar). Dia mengulas cara membangun bandara pintar yang sepenuhnya terkoneksi dengan Internet, menawarkan skalabilitas yang mudah, arsitektur jaringan yang simpel, pengalaman terbaik, dan aspek ramah lingkungan terbaik.

Huawei melansir teknologi OTN DWDM (dense wavelength division multiplexing) dan POL (passive optical LAN) pada jaringan serat optik yang sepenuhnya terkoneksi, serta menerapkan algoritma sensor serat optik (fiber sensing algorithm) yang inovatif sebagai keamanan perimeter bandara. Maka, Huawei merekomendasikan tiga solusi berbasiskan skenario untuk evolusi bandara pintar:

Solusi backbone network Airport IP+DWDM: Dengan menerapkan teknologi OTN DWDM, kita dapat mewujudkan isolasi fisik di antara sistem multilayanan, kapasitas yang sangat besar hingga 96 Tbit/s per serat optik untuk mendukung pertumbuhan arus penggunaan pada 10-15 tahun mendatang. Lebih lagi, solusi tersebut dapat mendukung fitur real-time intelligent fiber detection, serta menghasilkan peringatan dini tentang status abnormal pada serat optik, dan menemukan titik kerusakan dengan akurat (dalam hitungan meter). Seluruh hal ini ikut menjamin transmisi data yang sangat andal, menghemat investasi, dan meningkatkan efisiensi O&M.

Solusi access network Airport IP+POL: Untuk terminal bandara dan landasan pacu, solusi jaringan optik point-to-multipoint passive IP+POL Huawei menawarkan akses terintegrasi multilayanan yang aman & reliabel. Solusi ini dapat dipakai pada beragam terminal informasi sekaligus memperingkas arsitektur jaringan & sistem kabel. Dengan demikian, konsumsi listrik menjadi lebih hemat hingga 50%, sedangkan pemakaian kabel menjadi lebih hemat hingga 90% untuk mempermudah ekspansi jangka panjang pada masa depan.

Solusi airport perimeter inspection: Dengan memakai sensor serat optik terdistribusi dan algoritma yang didukung kecerdasan buatan (AI), solusi airport perimeter inspection tidak menghasilkan false negative, bahkan mengurangi false positive sebesar 90%, serta memfasilitasi identifikasi insiden intrusi secara akurat hingga hitungan meter.  

Huawei berharap, klien dan mitra dari seluruh dunia dapat bekerja sama untuk meningkatkan aplikasi jaringan F5G all-optical di bidang penerbangan sipil, serta memfasilitasi transformasi digital & teknologi pintar pada bandara di seluruh dunia guna mewujudkan pengembangan bandara pintar yang bermutu tinggi.

Informasi lebih lanjut tentang solusi bandara pintar Huawei tersedia di:




NARAHUBUNG: hwebgcomms@huawei.com

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023