Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mengapresiasi Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) yang menggelar turnamen berskala internasional.

POBSI akan menggelar Indonesia International Open 2024 yang merupakan turnamen biliar kelas dunia yang pertama kali diselenggarakan di Indonesia yang akan berlangsung pada 21-25 Januari 2024 di Jakarta.

"Kemenpora mengapresiasi dan berterima kasih pada POBSI karena ini pertama kali turnamen Biliar berskala internasional. Indonesia sudah biasa selenggarakan turnamen kelas dunia, dengan adanya turnamen ini menambah list event olahraga internasional di Indonesia," kata Menpora Dito dalam konferensi pers yang berlangsung di Jakarta, Selasa.

Dito mengungkapkan momentum penyelenggaraan Indonesia International Open 2024 sangat tepat pasalnya atlet biliar Indonesia Derin Asaku Sitorus baru memperoleh gelar juara dunia World Junior Championship yang berlangsung di Austria pada Oktober lalu.

Baca juga: POBSI harap Indonesia International Open jadi ajang pengembangan atlet

"Momentum (penyelenggaraan Indonesia International Open 2024) juga tepat karena baru saja Derin, atlet Indonesia berusia 14 tahun, bisa menjadi juara dunia junior 10 Ball di Austria. Kemenpora sangat senang dengan adanya turnamen ini dan sangat mendukung,” ungkap menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju tersebut.

Nantinya turnamen ini akan mempertandingkan bola 10 untuk kategori dewasa dan bola 9 untuk atlet berusia 17 tahun ke bawah (U-17). POBSI berencana mengundang 128 atlet dalam kategori dewasa dan 24 atlet dalam kategori usia 17, memastikan persaingan yang sengit dan beragam.

Sebelum masuk ke babak utama, peserta akan menjalani babak kualifikasi Indonesia International Open 2024 yang secara terbuka memberi kesempatan atlet potensial dapat ikut serta. Dalam babak kualifikasi yang berlangsung mulai 16 hingga 19 Januari mendatang akan memperebutkan 16 spot untuk masuk ke ajang utama.

Para peserta akan bersaing untuk memperebutkan hadiah total sebesar $100.000, menjadikan Indonesia International Open 2024 sebagai salah satu turnamen biliar paling spektakuler dan terbaik di dunia.

Baca juga: WPA nilai biliar Indonesia punya potensi yang besar

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023