Jakarta (ANTARA) - Para balap sepeda kembali menambah jumlah perolehan medali emas untuk Kontingen Indonesia pada ajang World Abilitysport Games (WAG) 2023 yang digelar di Nakhon Ratchasima, Thailand, Selasa.

Dikutip dari keterangan resmi Komite Paralimpiade (NPC) Indonesia, ketiga emas itu diraih oleh tiga pebalap sepeda Sufyan Saori, Muhammad Fadli Imammuddin, dan Tifan Abid Alana dari nomor road race.

Adapun Sufyan keluar sebagai yang tercepat dalam kategori C5. Sufyan mencatat waktu terbaik 2 jam 9 menit 57,264 detik. Sufyan unggul atas wakil tuan rumah Witsarut Dangiam yang meraih medali perak, serta wakil Laos Phoutthavongsay yang meraih medali perunggu.

Lebih lanjut, medali emas kedua dipersembahkan oleh Muhammad Fadli Imammuddin di kategori C4. Fadli finis sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 2 jam 9 menit 00,024 detik. Ia unggul dari wakil Estonia Anre Nomme dan pembalap sepeda Swiss Stefan Koroddi, yang masing-masing membawa pulang medali perak dan perunggu.

Pesta medali emas Indonesia ditutup dengan penampilan dominan Tifan Abid Alana dari nomor C3. Tifan mencatat waktu tercepat 1 jam 53 menit 39,710 detik.

Baca juga: Para balap sepeda Indonesia raih tiga emas di WAG 2023 Thailand

Sementara, posisi kedua sekaligus medali perak dari kategori tersebut direbut oleh Salim Aljneibi (Uni Emirat Arab) dan perunggu menjadi milik Rashed Alahmari (Arab Saudi).

Pelatih para balap sepeda Indonesia Erik Suprianto mengatakan dalam perlombaan hari ini, atlet Indonesia tampil maksimal untuk mengatasi persaingan dari atlet negara lain.

“Kami bersyukur para-balap sepeda kembali menyumbangkan tiga medali emas dari road race. Perlombaan berjalan sengit karena ada tekanan dari atlet Thailand dan Laos. Beruntung atlet kita mampu mengatasi tekanan itu sehingga keluar sebagai juara,” ujar Erik.

Dengan tambahan tiga medali emas ini, maka secara total tim para balap sepeda Indonesia telah menyumbangkan total enam medali emas. Sehari sebelumnya M. Fadli Imammuddin dkk., telah meraih emas dari kategori Individual Time Trial (ITT).

Sementara itu, WAG 2023 Thailand masih akan bergulir hingga 9 Desember. Selain para balap sepeda, terdapat beberapa cabang olahraga yang diandalkan oleh Indonesia di ajang ini, termasuk para atletik, para panahan, hingga para renang.

Baca juga: Jendi Pangabean tambah perolehan emas Indonesia di WAG 2023
Baca juga: Atlet Paramenembak Hanik raih emas perdananya di WAG 2023
Baca juga: Saptoyogo targetkan perbaikan catatan waktu di WAG 2023 Thailand


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023