Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengapresiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika yang meluncurkan buku elektronik (e-book) dengan judul "Pemiludamaipedia".

"Ini sebuah langkah terobosan bagus dan inovatif yang digagas oleh Kominfo sebagai konduktor komunikasi publik dalam memberikan literasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang hal-hal yang terkait pelaksanaan Pemilu 2024," kata Guspardi dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Menurutnya dia, kehadiran e-book yang bisa diakses langsung dari gawai akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Selain sebagai sarana informasi untuk menambah wawasan dan pemahaman terkait pemilu.

Buku elektronik itu untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh berbagai informasi tentang Pemilu 2024.

Baca juga: Kemenkominfo luncurkan buku elektronik Pemilu 2024

Menurut ia, buku itu memuat informasi yang cukup lengkap. Fiturnya sangat beragam, mulai proses tahapan pemilu, profil parpol peserta Pemilu 2024, profil capres dan cawapres, daftar calon legislatif DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Selain itu, masyarakat dapat mengecek apakah namanya sudah terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) dan menyertakan pula topik pengecekan terkait berita hoaks tentang pemilu.

Dengan begitu, masyarakat bisa terhindar dari informasi keliru dan simpang siur. Masyarakat juga bisa segera melaporkan berita yang terindikasi hoaks untuk kemudian ditindaklanjuti oleh pihak terkait.

"Ada fitur berupa kanal chatbot 'Ayo memilih', di mana setiap orang yang mengaksesnya dapat berinteraksi secara langsung menanyakan berbagai hal terkait Pemilu 2024," ujarnya.

Guspardi juga berharap buku elektronik Pemiludamaipedia yang dapat diakses pada laman https://s.id/pemiludamaipedia bisa memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan sekaligus pendidikan politik bagi masyarakat terkait berbagai hal mengenai pemilu.

"Diharapkan masyarakat dapat menyalurkan hak pilihnya dengan tepat dan turut mengambil peran menciptakan pelaksanaan pemilu damai demi menyukseskan pesta demokrasi," tambahnya.

Baca juga: Ragam inisiatif komunikasi gaet generasi muda sukseskan Pemilu 2024
Baca juga: Kemenkominfo siapkan infrastruktur PDNS khusus untuk Pemilu 2024

Pewarta: Fauzi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023