Kami memperkirakan jumlah pergerakan penumpang di Bandara SMB II mencapai 136.071 penumpang....
Palembang (ANTARA) - Pengelola Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) menyiapkan 349 orang personel memasuki musim libur Hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Executive General Manager SMB II Palembang R Iwan Winaya, di Palembang, Selasa, mengatakan pada masa tersebut diperkirakan akan terjadi peningkatan lalu lintas penerbangan dan jumlah penumpang pesawat. Karena itu, pihaknya telah menyiapkan rencana operasi.

Ia menjelaskan rencana operasi dari sisi kesiapan personel, pihaknya menyiagakan kurang lebih 349 personel baik dari internal maupun eksternal dan seluruh fasilitas pelayanan dan operasional dipastikan juga siap dalam melayani peningkatan lalu lintas penerbangan.

“Jam operasional Bandara SMB II Palembang masih tetap sama mulai dari pukul 06.00 pagi hingga 00.00 malam, namun jika diperlukan adanya penambahan jam operasi akan diinfokan lebih lanjut," ujarnya lagi.

Terkait aspek keselamatan, katanya pula, Bandara SMB II Palembang mempersiapkan unit Airport Rescue & Fire Fighting (ARFF) untuk selalu siaga.

Selain itu, Bandara SMB II Palembang juga dilengkapi dengan fasilitas TravelinPass guna memungkinkan penumpang pesawat memproses keberangkatan hanya dengan wajah melalui biometric face recognition, sehingga dapat mempersingkat waktu proses di bandara.

Pada masa libur tersebut, pihaknya memperkirakan jumlah penumpang di Bandara SMB II Palembang meningkat hingga 10 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022.

Adapun puncak arus keberangkatan pertama diperkirakan pada 22 Desember 2023, lalu puncak arus keberangkatan kedua pada 29 Desember 2023. Sedangkan, untuk puncak arus balik pada 2 Januari 2024.

“Kami memperkirakan jumlah pergerakan penumpang di Bandara SMB II mencapai 136.071 penumpang dan didominasi wisatawan yang ingin berlibur, serta 1.010 pergerakan pesawat udara pada musim tersebut," kata Iwan lagi.
Baca juga: Bandara SMB II buka kembali rute internasional pasca pandemi
Baca juga: Aktivitas penerbangan di SMB II Palembang terganggu akibat kabut asap

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023