Beijing (ANTARA) - China memulai pembangunan sebuah basis yang didedikasikan untuk mempelajari dan menguji turbin angin lepas pantai nasional pertamanya di Provinsi Fujian, China, demikian menurut Science and Technology Daily pada Selasa (5/12).

Meliputi pusat pengujian darat dan ladang angin uji coba, basis ini merupakan salah satu proyek utama yang tercantum dalam Rencana Lima Tahun (2021-2025) China.

Fungsi utama basis ini mencakup kemampuan untuk melakukan uji coba turbin angin ukuran penuh di lapangan, simulasi jaringan listrik yang kompleks dengan kapasitas sangat besar, uji coba pemuatan beban, dan penelitian tentang baling-baling superpanjang.

Pusat pengujian darat terletak di Kota Fuqing di Provinsi Fujian. Ladang angin uji coba rencananya memiliki enam slot uji coba di darat serta 20 hingga 40 slot uji coba di lepas pantai. Tahap pertama dari 20 slot uji coba lepas pantai terletak di lepas pantai Distrik Changle, Kota Fuzhou.

Setelah rampung, basis ini akan memiliki kemampuan pengujian yang mencakup standar terbaru yang dikeluarkan oleh International Electrotechnical Commission dan standar terkait yang diatur oleh China.

Basis ini juga akan dapat menguji turbin angin dengan kapasitas terbesar di dunia dan baling-baling terpanjang di dunia.

Basis tersebut akan menyediakan layanan menyeluruh dalam penelitian ilmiah, pengujian dan verifikasi, pertukaran dan penyebaran informasi untuk mitra rantai industri, termasuk produsen peralatan tenaga angin lepas pantai, lembaga penelitian, dan operator ladang angin. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023